Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Angin Kencang dan Banjir Kembali Landa Sebagian Wajo

Admin
Minggu, 25 Desember 2022 Last Updated 2022-12-26T07:09:32Z

FOTO: Akses Menuju Salotengnga, Liu, Bila, Worongnge, Ugi, Pallimae, Mallusesalo di Kabupaten Wajo yang direkam kemarin (Tangkapan Layar Video oleh Irfan).


Kontributor: Abdul Wahab Dai


WAJO-Sekira pukul 01.30 Wita, Senin (26/12/2022), beberapa saksi mata melaporkan angin kencang bertiup di Awo, Awota, Simpellu dan Inrello di belahan utara Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.


Sebelumnya pada Minggu petang (25/12/2022) kareba-celebes.com menerima rekaman video tentang Kantor Desa Salotengnga, di Kecamatan Sabbangparu di belahan selatan Wajo yang dihantam banjir. Tampak banjir melintasi jalan dengan deras. Sumber lain melaporkan akses menuju Salotengnga, Liu, Bila, Palliamae, dan Mallusesalo dilanda banjir pula.


Media ini belum dapat memastikan sekiranya angin yang menyapu kawasan Utara Wajo semalam adalah angin muson. Dalam teori ilmu bumi angin muson merupakan angin yang berubah arah tiap setengah tahun. Angin muson terjadi karena adanya perbedaan pemanasan antara belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Demikian Wikipedia menyebut.


Sepekan terakhir ramai diberitakan tanah longsor, banjir dan amukan ombak di perairan Nusantara, termasuk peristiwa mematikan tanah longsor di Batangkali, Negara Bagian Selangor, Malaysia.


Munculnya angin muson biasanya ditandai dengan curah hujan yang tinggi. Angin muson mirip dengan angin laut, tetapi ukurannya lebih besar, lebih kuat dan lebih konstan, tulis Wikipedia.

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Angin Kencang dan Banjir Kembali Landa Sebagian Wajo
  • 0

Terkini

test