Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Bill Gates Mundur dari Dewan Direksi Microsoft

M.Alif
Minggu, 15 Maret 2020 Last Updated 2021-03-22T05:24:00Z
Foto bersama Satya Nadella (kiri) dan Bill Gates (kanan). Foto: Dok. Bill Gates

Bill Gates membuat keputusan besar dalam hidupnya dan berhubungan dengan perusahan yang ia dirikan, Microsoft. Pria yang kini berusia 64 tahun itu memutuskan untuk mundur dari dewan direksi Microsoft, efektif mulai Jumat (13/3).

Selain di Microsoft, Gates juga resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai dewan direksi Berkshire Hathaway, perusahaan multinasional yang didirikan oleh sahabatnya, Warren Buffett. Dalam pengumumannya, keputusan Gates itu diambil karena ia ingin fokus untuk kegiatan filantropi.

"Saya telah membuat keputusan untuk mundur dari posisi saya di dewan direksi kedua tempat - Microsoft dan Berkshire Hathaway - untuk mendedikasikan lebih banyak waktu prioritas di filantropi, termasuk kesehatan dan pembangunan global, pendidikan, dan peningkatan keterlibatan saya dalam mengatasi perubahan iklim,” Kata Gates, di akun LinkedIn resminya.

Gates memang tidak bisa lepas dari Microsoft. Meski sudah meninggalkan jabatan sepenuhnya di perusahaan tersebut, ia akan menjadi penasehat CEO Microsoft saat ini, Satya Nadella.

"Microsoft akan selalu menjadi bagian penting dari pekerjaan hidup saya dan saya akan terus terlibat dengan Satya dan kepemimpinan teknis untuk membantu membentuk visi dan mencapai tujuan ambisius perusahaan," tambahnya.

Nadella sangat menghormati keputusan Gates. Ia berharap Gates bisa terus bekerja bersama dan memberikan saran untuk membuat produk dan layanan Microsoft yang lebih baik ke depannya.

"Merupakan kehormatan dan hak istimewa yang luar biasa untuk bekerja sama dan belajar dari Bill selama bertahun-tahun. Bill mendirikan perusahaan kami dengan keyakinan pada kekuatan demokratisasi perangkat lunak dan keinginan untuk memecahkan tantangan masyarakat yang paling mendesak," ungkap Nadella.

Bill Gates mendirikan Microsoft pada tahun 1975 bersama Paul Allen, yang telah berpulang pada tahun 2018. Gates menjabat posisi CEO hingga tahun 2000, di mana posisinya saat itu digantikan Steve Ballmer.

CEO Microsoft yang sekarang, Satya Nadella, mulai menjabat posisi tertinggi perusahaan saat menggantikan Ballmer pada 2014. Gates sendiri mulai berfokus pada yayasan filantropinya, Bill & Melinda Gates Foundation pada 2008.

Gates adalah salah satu pemegang saham utama Microsoft. Dia memiliki 1,36 persen saham Microsoft, menurut FactSet. Perusahaan ini telah go public pada tahun 1986 dan sekarang menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di dunia dengan kapitalisasi pasar 1,21 triliun dolar AS.
Berita Lainnya

Tampilkan

  • Bill Gates Mundur dari Dewan Direksi Microsoft
  • 0

Terkini

test