Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pemerintah Kabupaten Wajo beri Kemudahan Bagi UMKM

Admin
Senin, 22 November 2021 Last Updated 2021-11-24T02:33:02Z
Foto : Humas Pemda Wajo


Karebacelebes.com Pemerintah Kabupaten Wajo terus mendorong mengembangkan UMKM. salah satunya dengan memberi kemudahan bagi pelaku usaha untuk mengurus legalitas produk UMKM.


Hal itu diungkapkan Bupati Wajo, Amran Mahmud saat menjadi narasumber di APINDO UMKM Expo 2022 di Hotel Claro Makassar, Senin (22/11/2021).

Foto : Humas Pemda Wajo


"Untuk membantu pelaku UMKM, kita mempermudah pelayanan di tingkat kecamatan dan menyiapkan pendamping sebagai fasilitator kepengurusan legalitas produk UMKM," kata Amran.

Foto : Humas Pemda Wajo


Sementara itu lanjut bupati, untuk kepengurusan NIB, TDP, SITU, SIUP melalui Dinas PTSP semua digratiskan. Termasuk mempermudah permodalan melalui program KUR.


Lebih lanjut Amran Mahmud memaparkan sejumlah kerja nyata selama pemerintahannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan jiwa kemandirian.

Foto : Humas Pemda Wajo


Kerja-kerja nyata itu diwujudkan dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang merata dan berkeadilan, menciptakan

10 ribu wirausahawan baru, satu kecamatan satu produk unggulan dan penataan pasar.

Foto : Humas Pemda Wajo


"Kami juga memberi bantuan modal usaha, tekhnologi dan pemasaran bagi koperasi, UMKM. Termasuk bantuan bagi petani, peternak dan nelayan.


Di sektor persuteraan, Pemkab Wajo juga menjalin kerjasama dengan pihak Perbankan terhadap pelaku IKM.


Bentuk kerjasama itu dengan melaksanakan whorkshop pengembangan kain tenun Sutra Sengkang Kampung BNI dengan mendatangkan designer nasional Defrico Audi.

Foto : Humas Pemda Wajo


"Ada juga bantuan dana usaha melalui Bank BRI, dan program CSR PT Bank Sulselbar. Disamping menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia melaksanakan pelatihan desain dan pewarnaan sutera dengan tujuan mengembangkan motif dan corak sutera.



Bahkan kata Amran, selain pelaku UMKM, sejak 2019 ribuan petani juga diberikan pelatihan kewirausahaan melalui program Sekolah Lapang. Dimana kata dia, para petani dibekali materi analisis usaha tani, pertanian modern dan rantai nilai.


Diketahui, pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara PT. Bank Nasional Indonesia, Tbk dalam hal ini Pimpinan Cabang Sengkang, Samsul Kamar dengan Dewan Kerajiann Nasional Daerah Kabupaten Wajo oleh Sitti Maryam. PKS tersebut berisi tentang Penyaluran Kredit Produktif untuk Sektor Usaha Mikro, Kecil dan  Menengah  serta produk-produk perbankan. ( Red/adv).

Editor : Gus Mus

Komentar

Tampilkan

  • Pemerintah Kabupaten Wajo beri Kemudahan Bagi UMKM
  • 0

Terkini