Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kepala Desa Keera 1984-2010 Fung Pasennungi Wafat di Palu

Admin
Sabtu, 22 Oktober 2022 Last Updated 2022-10-23T00:47:51Z

Oleh Abdul Wahab Dai (Jurnalis Warga)


WAJO-Kemarin, Sabtu 22 Oktober 2022, warga Bumi Masiang Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menerima kabar wafatnya Pasennungi Nusu Andi Unga yang pernah menjadi Kepala Desa Keera (1984-2010).


"Innalillaahi wainnailaihi raajiun. semoga husnul khatimah ki' Puang P. Nusu Andi Unga. Meninggal tadi jam 11.30 di Palu, besok pagi dikebumikan jam 09.00 di Palu," tulis Besse Firma, salah seorang warga Keera dalam sebuah takarir di media sosialnya kemarin.


Foto berikut menunjukkan sebuah baruga kantor desa yang masih bertuliskan tarikh 1996 dan Kecamatan Pitumpanua. 




Memang, Desa Keera adalah salah satu desa dari tujuh desa pembentuk "Pitumpanuwa" (tujuh negeri), yakni bekas kampung-kampung lama di Sulawesi Selatan yang di dalam sejarah bertransformasi menjadi desa-desa moderen pada sekitar tahun 1950-an.


Bekas-bekas wanua ini sebagaimana ditulis Mattulada dalam Koentjaraningrat (1970) dahulu dipimpin oleh seorang sulewatang atau arung palili'.




Sejak tidak lagi aktif di pemerintahan, mendiang sering mengirim teks ke kotak pesan saya dan menanyakan kondisi terkini pembangunan desa-desa di Kecamatan Keera seiring aktivitas saya keluar masuk desa.


Perhatiannya terhadap kemajuan pembangunan desa kerap saya jawab sesuai kapasitas saya.


Pernah bertetangga membuat kami saling mengenal. Kepada orang-orang terdekat yang ditinggalkan saya ucapkan turut berbelasungkawa yang teramat dalam.


***


Pada bagian Sejarah Desa dokumen RPJMDesa Keera 2018-2023 disebutkan bahwa pada masa pemerintahan P Nusu A Unga dipandang perlu diadakan pemekaran dengan alasan untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan mempercepat pelayanan masyarakat, maka diadakanlah pemekaran sebanyak tiga kali yang terdiri dari 3 desa dan 1 kelurahan:  Desa Keera (desa induk), Desa Inrello, Desa Ciromanie, dan Kelurahan Ballere.




P Nusu A Unga menjadi Kepala Desa Keera dari tahun 1984 hingga tahun 2010, dari zaman Kecamatan Pitumpanua hingga zaman Kecamatan Keera.


Kecamatan Pitumpanua mekar pada tahun 1998 dan terbentuklah Kecamatan Keera di mana Desa Keera bergabung.


Sumber Foto: Media Sosial

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Kepala Desa Keera 1984-2010 Fung Pasennungi Wafat di Palu
  • 0

Terkini

test