Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Puskesmas Keera Sabet Penghargaan Nasional Apkesmi 2022

Admin
Rabu, 26 Oktober 2022 Last Updated 2022-10-27T03:39:34Z


Liputan Abdul Wahab Dai-

WAJO-UPTD Puskesmas Keera kembali membawa Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ke pentas nasional setelah kemarin menyabet kategori Utama pada Lomba Inovasi Semiloka Nasional Ke-2 Apkesmi di Padang, Sumatera Barat (24-27 Oktober 2022) yang digelar oleh Akselerasi Puskesmas Indonesia (Apkesmi).


Dari 34 inovasi yang bertarung sebagai finalis, 22 inovasi meraih kategori Madya dan 12 inovasi merengkuh kategori Utama. Terdapat tiga kategori dalam lomba inovasi ini: Paripurna, Utama, dan Madya.


Kepala UPTD Puskesmas Keera Ruslan, S.Kep., Ners, M.Kes., yang mengikuti Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Nasional Ke-2 Apkesmi di Hotel ZHM Premiere Padang, Sumbar mengusung inovasi Rehabilitasi Berbasis Masyarakat dengan tajuk Masyarakat Keera Peduli Disabilitas (disingkat Masker Pelita) dengan lokus Desa Keera dan kini diperluas ke desa-desa dan kelurahan seantero Bumi Masiang Kecamatan Keera.


Perluasan lokus rehabilitasi ini dari hanya satu desa (Desa Keera) ke satu kecamatan (Kecamatan Keera) merupakan tindak lanjut wawancara Bupati Wajo dengan para panelis independen KIPP 2022.


Walau gagal menembus Top 45 Nasional kala itu dan hanya mampu meraih Top 99 Nasional, para pengelola RBM tetap bersemangat melakukan ekspansi wilayah pendampingan dan rehabilitasi penyandang disabilitas berbasis masyarakat ini.


Sempitnya cakupan layanan (hanya satu desa) saat itu menjadi catatan panelis kepada pengelola RBM.


Masker Pelita mencoba mencari solusi penanganan penyandang disabilitas dengan RBM yang menyediakan tenaga kesehatan dari Puskesmas Keera dan kader RBM yang diambil dari orang-orang terdekat penyandang disabilitas.


Unsur-unsur kebaruan seperti satu penyandang disabilitas, satu nakes, dan satu kader (dari lingkungan terdekat) penyandang disabilitas menjadi nilai unggul inovasi ini.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Dr. drg. Hj. Armin, MARS melalui media ini mengucapkan selamat kepada UPTD Puskesmas Keera yang menyebut upaya-upaya ini dilakukan untuk mencapai indikator Standar Pelayanan Minimal atau SPM yang dilaksanakan dengan strategi inovasi-inovasi, di antaranya inovasi Masker Pelita yang alhamdulillah mendapat penghargaan sampai tingkat Pusat. Demikian Hj. Armin dalam pesan WhatsApp yang dikirim ke kontributor kareba-celebes Abdul Wahab Dai.


Tahun ini inovasi Masker Pelita berhasil menembus Top 99 Nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kemen PAN & RB, setingkat di bawah Top 45.


Pada level Kabupaten Wajo, inovasi ini juga menjadi salah satu pemenang pada ajang Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Wajo 2022.


Pada kesempatan perayaan Hari Jadi Sulawesi Selatan Ke-353 di Makassar tahun ini, Bupati Wajo Dr. Amran Mahmud, Sos., M.Si. menerima penghargaan Top 30 Inovasi Tingkat Sulawesi Selatan dalam sebuah rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Sulsel (19 Oktober 2022) dengan inovasi Masker Pelita.


Puskesmas Keera Ruslan Arma Pemerintah Kecamatan Keera

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Puskesmas Keera Sabet Penghargaan Nasional Apkesmi 2022
  • 0

Terkini

test