Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Nur Asiah Dianugerahi Sepuluh Terbaik Kepala Desa Perempuan Inspiratif 2022

Admin
Jumat, 02 Desember 2022 Last Updated 2022-12-02T14:13:29Z

Kontributor: Abdul Wahab Dai


JAKARTA-Hari ini Jumat, 2 Desember 2022, Nur Asiah, S.H, Kepala Desa Balielo, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menerima sebuah piagam penghargaan. Piagam apa itu?


Piagam itu ditandatangani oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Dr. Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. 


Penghargaan itu adalah Piagam Penghargaan Sepuluh Terbaik Kepala Desa Perempuan Inspiratif Tahun 2022.




Piagam diterima Nur Asiah di Gedung Kementerian Desa PDTT RI Jalan TMP Kalibata No. 17 Jakarta Selatan, DKI Jakarta.


Acara ini merupakan rangkaian Hari Bakti Transmigrasi dan Penganugerahan Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif 2022.


Sepuluh kepala desa se-Indonesia yang terpilih diundang ke Jakarta untuk mengikuti beberapa acara, termasuk kenjungan ke Ruang Kendali SDGs Desa Kementerian Desa PDTT.


Sebagaimana dilaporkan katakini.com hari ini, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) meminta para kepala desa perempuan harus bisa menguasai Sistem Informasi Desa (SID).




Dengan demikian para kepala desa perempuan bisa membuktikan diri jika kapabilitas mereka tidak kalah dengan para kepala desa lainnya. Kata Halim sebagaimana dilansir katakini.com.


"Sosok kepala desa perempuan itu bebannya ganda. Pertama mereka harus membuktikan diri mampu menjalankan segala tugas dan kewajiban sebagai seorang pemimpin, kedua mereka harus kuat melawan stereotip publik yang kerap kali memandang sebelah mata kepemimpinan mereka karena kebetulan berjenis kelamin perempuan," ujar Gus Halim sebagaimana ditulis katakini.com.




Tampak Kepala Desa Balielo didampingi oleh suaminya Abdul Karim, S.E. yang juga seorang kepala desa, yakni Kepala Desa Lempong pada kecamatan yang sama.


Menurut dokumen RPJMDes 2019-2025 Balielo, dalam sejarahnya Desa Balielo menjadi desa definitif pada pada tahun 1984.


Desa Balielo merupakan salah satu dari 11 desa dan kelurahan di wilayah Kecamatan Bola yang terletak 11 km ke arah barat dari ibukota Kecamatan Bola dengan luas wilayah sekira 15,17 km2.


Dokumen RPJMDes ini menyebut Desa Balielo terdiri dari dua dusun (Dusun Kading dan Dusun Lamangiso) dan berpenduduk 2.414 jiwa dan 526 kepala keluarga.


Sementara itu visi Desa yang juga merupakan Visi Kepala Desa saat kampanye adalah "Membangun tata kelola pemerintahan Desa yang baik, bersih, jujur, adil, sejahtera, berbudaya dan berakhlak mulia menuju Pemerintahan Balielo yang amanah, maju, asri, indah, damai, dan sejahtera".


Berbekal pengalaman sebagai istri Kepala Desa Lempong (suaminya yang bernama Abdul Karim, Redaksj) sejak 2009,  tentu akan menjadi modal besar bagi Nur Asiah Karim untuk menjalan tugas dan fungsinya sebagai Kepala Desa Balielo, tulis Pos Kota Makassar dalam edisi daringnya 11 Desember 2019, beberapa hari setelah hari H pencoblosan Pilkades Balielo saat mana Nur Asiah meraup suara terbanyak.


Dengan persaingan yang ketat, Nur Asiah terpilih pada Pilkades Balielo 4 Desember 2019 dan dilantik pada tanggal 31 Desember 2019.


Kini, Nur Asiah berada di Jakarta, dan pada tahun ketiga pemerintahannya Nur Asiah menerima piagam penghargaan berskala nasional.

FOTO/Koleksi Pribadi Abdul Karim

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Nur Asiah Dianugerahi Sepuluh Terbaik Kepala Desa Perempuan Inspiratif 2022
  • 0

Terkini

test