Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sekolah Teknik Desa di Gilireng Perkuat Perencanaan Desa

Admin
Selasa, 07 Maret 2023 Last Updated 2023-03-07T23:49:58Z


Penulis: Abdul Wahab Dai 


WAJO-Kader-kader pemberdayaan masyarakat desa yakni para kader teknik desa di Bumi Cakkuridie Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan akan mengikuti sebuah bimbingan teknis bertajuk Sekolah Teknik Desa yang dibuka hari Selasa ini (07/03/2023) di Kantor Camat Gilireng. Mereka berjumlah 16 orang.


Setelah sukses tahun lalu digelar di Kecamatan Pammana, kini giliran pelatihan serupa digelar di Gilireng oleh Badan Kerjasama Antar-Desa (BKAD) Kecamatan Gilireng.


Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga bulan dengan sekali pertemuan tatap muka tiap pekan (12 kali). Peserta harus memenuhi persyaratan untuk mendapatkan Sertifikat Keterampilan Kerja (SKT) dengan adanya tugas-tugas berupa desain gambar manual dan desain gambar menggunakan aplikasi di komputer yang disetor secara daring setelah tatap muka dan akan diperiksa oleh para pelatih.


Sekolah Teknik Desa ini adalah upaya meningkatkan kapasitas para kader teknik desa dan perangkat desa dalam urusan perencanaan desa, terutama yang bersentuhan dengan kegiatan fisik atau sarana dan prasarana.


Mereka dilatih merencanakan kegiatan dan membuat gambar desain beserta Rencana Anggaran Biaya atau RAB.


Pelatihan ini berupaya memberdayakan pelaku pembangunan desa sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat desa dengan melatih para kader sebagai pengejawantahan paradigma "desa membangun" dan desa membangun dirinya sendiri.


Para pemateri sendiri berasal dari Universitas Lamappapoleonro (Unipol) Kabupaten Soppeng, kabupaten tetangga.



Bakri, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TA-PM) P3MD Kabupaten Wajo berharap agar seluruh desa di Kecamatan Gilireng sebanyak 8 desa bisa terbantu di dalam hal desain anggaran nantinya, sehingga segala kegiatan tahapan sesuai dengan Permendagri Nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa serta Permendesa Nomor 21 tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan bisa berjalan sesuai dengan tahapan yang ada.


"Kalau mungkin selama ini pembuatan desain dan penyusunan RKPDesa yang dilengkapi dengan RAB belum maksimal, semoga dengan kegiatan ini tahapan-tahapan pembangunan desa bisa dimaksimalkan," tutur Koordinator TPP Kabupaten Wajo ini yang pernah bertugas di Sidrap, Selayar, dan Bantaeng.




Hadir pada acara pembukaan di Gilireng ini Kepala Dinas PMD Kabupaten Wajo Hj. Andi Liliyannah mewakili Bupati Wajo, Rektor Unipol Hj. Andi Adawiah dan tiga Wakil Rektor Unipol, Camat Gilireng Andi Muhammad Al-Fatih, Kepala Desa se-Kecamatan Glireng, dan beberapa TPP Kabupaten Wajo dan Kecamatan Gilireng.


Saat ini Kecamatan Gilireng digawangi oleh Ahlan Syahir Muin, Andi Fatmawansa, Parawansa, dan Baso Made Ali sebagai TPP.

Sumber Foto: BKAD Kecamatan Gilireng.

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Sekolah Teknik Desa di Gilireng Perkuat Perencanaan Desa
  • 0

Terkini

test