Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sejuta Manfaat Limbah Buah Semu Jambu Mete (Bagian Pertama)

Admin
Kamis, 20 Juli 2023 Last Updated 2023-07-21T06:34:32Z


Penulis: Novitasari

Pegiat KAHMI Kabupaten Wajo


Kabupaten Wajo merupakan salah satu sentra komoditi jambu mete (Anacardium occidentale) yang cukup besar di Sulawesi Selatan dengan luas area 4.017 ha dan produksi 819 ton pada tahun 2016 (data Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan).


Desa Alewadeng di Kecamatan Sajoanging, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan mayoritas penduduknya adalah petani dan pekebun jambu mete. 


Jambu mete terdiri dari dua bagian buah yaitu buah semu dan buah sejati. Bagian daging lunak yang membesar, bertekstur empuk, berwarna kuning atau merah dan berair, itulah yang dinamakan buah semu (Bugis: ᨁᨚᨆᨚ  atau gommo'). Sedangkan bagian yang selama ini kita anggap sebagai biji (kacangnya) itulah yang dinamakan buah sejati. 


Selama ini masyarakat Alewadeng hanya mengambil buah sejati dari jambu mete tersebut (kacangnya) untuk diperjualbelikan. Sedangkan buah semunya sebagian besar dibuang begitu saja dan menjadi limbah yang tidak memiliki manfaat. Meskipun ada satu dua orang yang menjadikan buah semu itu sebagai teman bersantap nasi atau lauk-pauk. 

 

Padahal buah semu jambu mete banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan antiseptik, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Selain itu buah semu jambu mente juga memiliki kandungan gizi yang sangat bagus, yaitu mengandung riboflavin (vitamin B2), asam askorbat (vitamin C), kalsium serta senyawa aktif yang diketahui dapat mencegah penyakit kanker.


Limbah buah semu jambu mete juga disinyalir dapat menyembuhkan tumor. Kandungan vitamin C pada buah semu jambu mete cukup tinggi yaitu mencapai 180 mg hingga 100 g. 


Olehnya itu untuk mendapatkan semua manfaat tersebut buah semu jambu mete dapat diolah menjadi aneka produk minuman segar, diantaranya adalah sari buah, anggur jambu mete, sirup buah, manisan, acar, cuka makanan, selai dan lauk-pauk (abon). 


Adapun ampasnya dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak dan kompos. 


Itulah sedikit ulasan tentang limbah buah semu jambu mete yang ternyata memiliki sejuta manfaat dan dapat diolah menjadi berbagai produk minuman segar dan makanan yang selama ini hanya dibuang begitu saja dan membusuk tanpa memiliki nilai guna sama sekali. 


Jadi marilah kita menyosalisasikan kepada masyarakat awam tentang manfaat buah semu jambu mete tersebut dan pengolahannya untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. 


Adapun cara pengolahannya akan saya paparkan pada tulisan berikutnya.


Penyunting: Abdul Wahab Dai

Sumber Foto: Penulis


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Sejuta Manfaat Limbah Buah Semu Jambu Mete (Bagian Pertama)
  • 0

Terkini

test