Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Tiga Pembangunan Lokus Wisata di Wajo dengan Dana Aspirasi Andi Iwan Darmawan Aras Alami Kemajuan

Admin
Rabu, 19 Juli 2023 Last Updated 2023-07-20T00:10:46Z


Penulis Abdul Wahab Dai

Jurnalis Warga


WAJO-Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) atau yang dikenal dengan sebutan Dana Aspirasi melalui Anggota DPR RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) H. Andi Iwan Darmawan Aras, S.E., M.Si. yang digelontorkan tahun ini melalui Kemendes PDTT RI terus mengalami kemajuan dalam proses pengerjaan.


Tahun ini politisi dari Dapil Sulawesi Selatan II ini kembali melanjutkan Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) melalui Kemendes PDTT RI berupa tiga kawasan wisata.


Tiga desa di Bumi La Maddukkelleng yakni Desa Tonralipue (Kecamatan Tanasitolo), Desa Ciromanie (Kecamatan Keera), Desa Lompoloang (Kecamatan Pitumpanua) digadang-gadang menjadi Desa Wisata tahun ini.



Muhammad Amin, perwakilan Tenaga Ahli DPR RI Sultan Tajang, S.H.I., kemarin Kamis, 19 Juli 2023 turut hadir di Kecamatan Pitumpanua dan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, menemani Pejabat Pembuat Komitmen dari Kemendes PDTT RI untuk meninjau kemajuan pembangunan Dana Aspirasi ini.


Tiga lokus Dana Aspirasi Andi Iwan Darmawan Aras sebagai bakal Desa Wisata di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ini melengkapi serentetan dana-dana aspirasi yang digelontorkan tahun-tahun sebelumnya.


"Surat Keputusan tentang Desa Wisata untuk ketiganya sedang berproses," ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Wajo Dra. Dahniar Gaffar, M.Si. kepada media ini kemarin sore, Rabu 19 Juli 2023 di lokasi Pembangunan Kolam Wisata Batue, Dusun Bontomare, Desa Ciromanie, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.



Dahniar Gaffar datang ke Ciromanie mendampingi drh. Fredringko Tanggu Dendo, S.K.H., M.M. dari Direktorat Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT RI yang bertindak selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).


Fredringko datang bersama Yanwar, S.T. dan Rahmat, S.T. Kemarin mereka meninjau dua titik Pembangunan Sarana dan Prasarana Pengembangan Objek Wisata di Desa Lompoloang dan Desa Ciromanie.


Setelah sebelumnya Kemendes PDTT RI menggelontorkan dana untuk rehabilitasi Pasar Rakyat Desa Kalola (Kecamatan Maniangpajo) dan pembangunan Kolam Renang Desa Waetuo (Kecamatan Tanasitolo), tahun ini 3 desa kembali mendapat kucuran dana masing-masing Rp400.000.000,00. Kelimanya merupakan Dana Aspirasi Andi Iwan Darmawan Aras.



Muhammad Amin dalam kesempatan berbicara saat kunjungan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kelancaran proses pengerjaan Dana Aspirasi ini. Muhammad Amin hadir mewakili Sultan Tajang yang memiliki jadwal di tempat lain.


UP2DP ini adalah dana aspirasi untuk Pembangunan Kolam Permandian dan Toilet (Desa Tonralipue) di Jalan Andi Baso Adam, Pembangunan Kolam Wisata Batue (Desa Ciromanie) di Dusun Bontomare, dan Pengembangan Wisata -- Pembangunan Kolam Permandian (Desa Lompoloang) di Dusun Padanglaserang.


Selain Kepala Desa Ciromanie Manika dan Kepala Desa Lompoloang Abdul Rahim, kemarin hadir pula Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Andi Suba, S.Sos., M.Si.,  serta Muhammad Afifuddin, S.K.M., M.M., salah seorang Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif pada Bidang Pemasaran dan Sumber Daya Pariwisata pada Disporapar Wajo.



Kedua lokasi bantuan Kemendes PDTT RI ini (Lompoloang dan Ciromanie) dikunjungi oleh Fredringko d.k.k. di mana  kedua titik ini Pejabat Pembuat Komitmen ini datang mewakili Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT RI Nursaid, S.Sos., M.M.


Hadir pula para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Wajo (dalam hal ini TAPM), dan TPP Keera, Pitumpanua, Tanasitolo (PD dan PLD).


Sumber Foto: Koleksi Penulis dan TPP Tanasitolo

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Tiga Pembangunan Lokus Wisata di Wajo dengan Dana Aspirasi Andi Iwan Darmawan Aras Alami Kemajuan
  • 0

Terkini

test