Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

BLK Komunitas di Paojepe: Kadisnakertrans Wajo Buka Pelatihan III Bidang TI

Admin
Kamis, 02 November 2023 Last Updated 2023-11-02T22:11:24Z


Abdul Wahab Dai

Narablog


WAJO-Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Wajo Drs. H. Karjono siang ini Kamis, 2 November 2023 membuka Pelatihan Angkatan III Teknik Informatika yang digelar oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Hurriyatunnas di Gedung Workshop Kejuruan Teknik Informasi, Balai Latihan Kerja Komunitas, Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI) di Desa Paojepe, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.



Gedung Workshop ini sendiri terletak di kompleks Pondok Pesantren Hurriyatunnas Bakti Awo di Dusun Paojepe, Desa Paojepe. Pelatihan akan digelar selama 24 hari dari 2 November hingga 1 Desember 2023.


Jumlah peserta pelatihan kali ini sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 pria dan 8 wanita di mana satu di antaranya berstatus penyandang disabilitas.



Harjono dalam sambutannya saat membuka pelatihan tampil memotivasi para peserta agar benar-benar mengikuti dengan baik pelatihan ini.


"Kita ikut pelatihan ini berarti kita dapat ilmunya. Kemudian ilmu itu diolah dan terus diolah," kata Harjono.


Sebagai generasi muda Harjono meminta peserta untik senantiasa berpikir bahwa "saya harus buat apa?".



"Kalian harus menyiapkan karakter kinerja dan karakter moral, kompetensi dan literasi," ujar Harjono yang didampingi oleh Andi Ismirah, S.E., Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Wajo. Hadir pula Andi Abdul Salat, S.E., salah seorang instruktur pelatihan.


Harjono melanjutkan bahwa di perusahaan-perusahaan dibutuhkan integritas, soft skills (keterampilan nonteknis) dan hard skills (keterampilan teknis)



Sementara itu Kepala Desa Paojepe menggarisbawahi pentingnya kita melek teknologi informasi dan melek bahasa Inggris, apa yang diistilahkan oleh Andi Tawakkal, S.Pd., M.Si., sebagai bebas "buta moderen".


"Diharapkan kita dapat mengendalikan generasi muda dengan pelatihan ini agar mereka bisa handal dan bisa mendapatkan pekerjaan dengan keterampilan dan pengetahuan yang luas," kata mantan Camat Gilireng ini.



BLK Komunitas Hurriyatunnas Bakti dipimpin oleh Andi Ibrahim, S.Ag. yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Hurriyatunnas Bakti Awo di Desa Paojepe.


Andi Ibrahim mengatakan ponpesnya berdiri tahun 2018 dan pada tahun 2022 mendapat amanah dari Kemenaker berupa fasilitas Gedung Workshop.


"Pelatihan Angkatan I berlangsung pada tahun 2022, sementara Angkatan II digelar pada Maret II 2023," katanya. 


Pelatihan-pelatihan yang digelar ini tak berbayar dan akomodasinya dijamin oleh Kemenaker. "Jadi peserta harus serius dan telaten dalam mengikuti pelatihan ini," tambah Andi Ibrahim.


Para peserta Pelatihan Angkatan III ini berasal dari Paojepe, Awo, Awota, Longka, dan Buriko. Rerata mereka adalah tamatan segar SLTA atau sekolah yang sederajat, seorang di antaranya sudah sarjana.



Andi Ibrahim berharap agar para alumni pelatihan dapat membuka lapangan kerja sendiri suatu saat.


"Kami juga akan melatih desain grafis. Pesanren kami butuh orang-orang terampil," kunci Andi Ibrahim.


Foto: Koleksi Penulis

Berita Lainnya

Tampilkan

  • BLK Komunitas di Paojepe: Kadisnakertrans Wajo Buka Pelatihan III Bidang TI
  • 0

Terkini

test