Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sambangi Almamaternya, Firdaus Muhammad Diminta Menjadi Ketua IKA Ponpes Al-Mujahidin Longka

Admin
Rabu, 24 Januari 2024 Last Updated 2024-01-25T11:21:37Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Prof. Dr. H. Firdaus Muhammad, M.A. yang baru saja meraih gelar guru besar Komunikasi Politik Islam --akademisi UIN Alauddin Makkassar-- 18 Januari 2024 lalu berdasar pada Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang Penetapan Guru Besar bertarikh 15 Januari 2024, siang ini (Rabu, 24 Januari 2024) menyambangi almamaternya Ponpes Al-Mujahidin As'adiyah Longka di Desa Inrello, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan setelah 32 tahun tak pernah menengok sekolahnya secara formal.



Dalam kesempatan itu Firdaus Muhammad bertemu gurunya Surianti, S.Ag. yang saat ini menjadi Kepala MTs As'adiyah No.22 Longka. Pada kesempatan yang baik ini Surianti meminta Firdaus Muhammad mengorganisir pembentukan Ikatan Alumni (IKA) Ponpes Al-Mujahidin As'adiyah Longka sekaligus memintanya menjadi ketua.



"Saya merasa bersalah sekaligus merasa bangga hari ini. Bersalah karena tak pernah sekali pun saya datang ke sini secara formal, bangga karena pencapaian saya saat ini yang diawali dari SD dan MTs di Longka, dan saya adalah alumnus pertama madrasah ini," ujar Firdaus Muhammad di hadapan para santri Ponpes Al-Mujahidin saat membuka Sekolah Literasi Digital yang digelar oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Wajo (Hipermawa) Koperti UIN Alauddin Makassar.



Firdaus Muhammad adalah alumnus angkatan pertama MTs As'adiyah No.22 Longka (1989-1992). Setelah acara, Firdaus meninjau lokasi pembangunan Pondok Tahfidz Al-Mujahidin As'adiyah Longka bersama Kepala Desa Inrello Muh. Anwar Syahadat. Saat ini masih sedang berlangsung penggalangan dana pembangunan Pondok Tahfidz.



Di hadapan santri Firdaus bernostalgia ketika harus berjalan kaki pulang pergi dari Watti ke Longka dua jam per hari selama menempuh pendidikan di SDN 237 Longka dan MTs As'adiyah Longka.



Dalam wawancara saat meninjau lokasi pembangunan Pondok Tahfidz Firdaus mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam kelanjutan pembangunan Rumah Tahfidz di Pesantren Al-Mujahidin As'adiyah Longka yang dirintis oleh mendiang Sayyed Muhammad Alwi Assegaf, warga Longka berdarah Yaman.



Dalam kesempatan siang tadi Firdaus Muhammad yang juga seorang penulis buku menyerahkan buku-buku karyanya kepada almamaternya baik karya tunggal maupun tulisan bersama dengan penulis lain.



Buku-buku tersebut adalah "Anregurutta, Literasi Ulama Sulselbar", "Satu Abad Komunikasi Politik Nahdlatul Ulama", "AGH. Muh. Harisah AS, Mewariskan Pesantren, Menjaga Jejak Leluhur", "Proses Kreatif Penulis Makassar Jilid 2", dan "Setia di Jalan Dakwah, Sehimpun Kisah dan Hikmah Anregurutta Dr. H. Sanusi Baco, Lc."



Sumber Foto: Ponpes Al-Mujahidin Longka


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Sambangi Almamaternya, Firdaus Muhammad Diminta Menjadi Ketua IKA Ponpes Al-Mujahidin Longka
  • 0

Terkini

test