Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Banjir Wajo: Matahari Mulai Menyapa, Relawan Terus Bersemangat Bagikan Bantuan Kemanusiaan

Admin
Selasa, 07 Mei 2024 Last Updated 2024-05-07T13:41:14Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Sepanjang hari ini (Selasa, 7 Mei 20 kota Siwa tak diguyur hujan lagi, matahari mulai menyinari kota. Sebagian sisa-sisa lumpur mulai mengering. Debu beterbangan di jalanan yang bersumber dari sisa-sisa lumpur.


Pusat kota di kawasan Pasar Sentral Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ramai dengan lalu lalang para warga dan para relawan dari luar daerah.


Kesibukan di tenda Posko Kesehatan Jalan Tenrisau terlihat ramai. Tampak beberapa pasien yang diinfus, bahkan ada yang dibantu pernapasannya dengan tabung oksigen cair.




Para nakes bekerja melayani pasien satu persatu. Dua fasilitas kesehatan di Pitumpanua yakni RSUD Siwa dan Puskesmas Pitumpanua diterjang banjir bandang Jumat, 3 Mei 2024 dan meninggal lumpur.


Damkar terlihat berjibaku membebaskan fasilitas kesehatan ini dalam 3 hari terakhir. Masjid Besar Al-Muttaqin Pitumpanua, RSUD Siwa, dan Puskesmas Pitumpanua menjadi prioritas "pembebasan lumpur" oleh Damkar dan para relawan.



Dari Desa Awota, Kecamatan Keera dilaporkan Pj. Bupati Wajo Drs. Andi Bataralifu, M.Si. menyerahkan bantuan berupa beras premiun (5 kg) sebanyak 142 sak untuk Desa Awota dan 252 sak untuk Desa Awo.


Tampak Pj. Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo Ir. Muhammad Ashar dan Kepala Bidang Ketahanan Pangan Andi Tenri Angka, S.P.



Media ini tidak mampu mendeteksi semua bantuan yang datang. Salah satu bantuan yang terbagi ke beberapa desa adalah bantuan sembako dari kelompok yang menamakan diri Bike Lovers Siwa (Pecinta Sepeda Siwa).


"Kami sudah bekerja dalam tiga hari terakhir," ujar Asmini, salah seorang relawan Pecinta Sepeda Siwa. 



Sore tadi terlihat mobil tangki air bersih Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulsel Kementerian PUPR membagikan air bersih di Jalan Makmur dan Jalan Sultan Alauddin, Kelurahan Siwa.


Bantuan-bantuan datang dari pemerintah, militer, ormas, lembaga, komunitas, masyarakat sipil, dan politisi terus mengalir demi meringankan beban penyintas.


Sumber Foto: Abdul Wahab Dai dan Warganet




Berita Lainnya

Tampilkan

  • Banjir Wajo: Matahari Mulai Menyapa, Relawan Terus Bersemangat Bagikan Bantuan Kemanusiaan
  • 0

Terkini

test