Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pesan Amran Mahmud ke CJH Wajo: Fokus dan Jaga Kesucian Beribadah

Admin
Sabtu, 11 Juni 2022 Last Updated 2022-06-11T11:54:25Z




karebacelebes.com.WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud, berbaur dengan para calon jemaah haji (CJH) pada kegiatan pembimbingan jemaah haji reguler tingkat Kabupaten Wajo 1443 H/2022 M di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wajo, Kota Sengkang, Sabtu (11/06/2022). Tahun ini, sesuai kuota, Wajo memberangkatkan 185 CJH.



Kepala daerah yang juga Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Wajo itu berbagi tentang amalan-amalan saat dirinya menunaikan ibadah haji beberapa tahun lalu.


Pada kegiatan yang dihadiri pejabat mewakili Kepala Kantor Kemenag Wajo sekaligus Sekretaris PD IPHI Wajo, Abd. Hafid, bersama jajaran, jajaran Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Wajo, dan seluruh JCH Wajo yang akan berangkat tahun ini, Amran Mahmud berpesan agar betul-betul fokus beribadah. 


"Bapak dan Ibu sekalian adalah orang yang dipilih dan diberikan kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan ibadah haji sekaligus menyempurnakan rukun Islam sehingga kesempatan ini harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Fokus dalam beribadah dan kesampingkan hal-hal yang bisa merusak kesucian ibadah haji kita," pesan Amran Mahmud yang juga sehari sebelumnya, Jumat (10/6/2022), untuk membuka kegiatan ini.


Amran Mahmud menuturkan bahwa dirinya dahulu saat menunaikan ibadah haji bersama istri, Sitti Maryam, tiap pukul 03.00 dini hari sudah persiapan menuju ke Masjidilharam kemudian melakukan tawaf sebagai pengganti salat tahiyatul masjid sebelum salat Subuh. 


"Begitupun di antara salat lima waktu, memperbanyak membaca Al-Qur'an dan ibadah lainnya, termasuk mengambil umrah. Nanti jam 9 malam baru kami kembali ke hotel untuk istirahat dan persiapan untuk subuh berikutnya. Saya berharap agar niat dan tujuan kita berhaji betul-betul untuk beribadah, bukan untuk lain-lain. Juga, sebisa mungkin kita jangan lakukan amalan-amalan yang tidak ada tuntunannya, serahkan semua kepada Allah subhanahu wa taala," ucapnya.


Amalan lainnya yang Amran Mahmud lakukan adalah salat di Masjid Quba di Madinah. Salat dua rakaat saja di masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. setelah hijrah dari Makkah ke Madinah ini pahalanya sama dengan umrah. 


Amran Mahmud juga mengharapkan kepada para CJH untuk menjaga imunitas, kesehatan, psikologi, dan mental. Selain itu, diharapkan agar tetap menjaga ucapan, perbuatan, serta kekompakan juga identitas sebagai orang Indonesia, khususnya orang Wajo. "Begitupun ketika kembali diharapkan agar bergabung dalam wadah IPHI untuk bisa me-refresh dan menjaga kemabruran haji," tuturnya.


Terkait penundaan pembatasan kuota haji dan usia maksimal 65 tahun bisa berangkat, Amran Mahmud menyampaikan bahwa itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. "Kita bersyukur tahun ini sudah bisa melaksanakan ibadah haji, semoga tahun-tahun berikutnya kondisi sudah betul-betul normal sehingga semua pembatasan juga dihilangkan sama seperti sebelum Covid-19 melanda," harapnya.


Sebagai informasi, pembatasan kuota haji yang diberikan kepada Indonesia sehingga jemaah haji daftar tunda 2020 hanya sebagian yang diberangkatkan sesuai kuota kabupaten/kota. Untuk Wajo hanya mendapat kuota 185 orang dari 457 jemaah tunda 2020. Karena itu, jemaah sebanyak 272 orang kembali ditunda keberangkatannya ke tanah suci tahun ini, bukan dibatalkan, mereka yang tertunda tetap menjadi prioritas pemberangkatan tahun depan. (Red)

Penyunting : Gus Mus 

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Pesan Amran Mahmud ke CJH Wajo: Fokus dan Jaga Kesucian Beribadah
  • 0

Terkini