Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Catatan Kemerdekaan Ukhy Sukirman HUT RI 77 Tahun

Admin
Senin, 15 Agustus 2022 Last Updated 2022-08-15T13:52:30Z


Mewujudkan kemerdekaan pada suatu negara merupakan impian yang dimiliki oleh setiap negara, khususnya pula kemerdekaan Indonesia yang sudah kita nikmati dengan damai berkat dorongan para pahlawan-pahlawan bangsa pada masanya.


Momentum Indonesia mengumumkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, maka seluruh masyarakat Indonesia turut berbahagia karena mereka sudah terlalu lama dijajah, dicurangi bahkan diperbudak.


Bukan hanya bahagia, tetapi bangsa Indonesia juga mendapatkan semangat kemerdekaan yang tinggi yang dilandasi dengan rasa keberanian untuk mengambil keputusan dan membela kebenaran.


Dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada dunia maka Indonesia telah dinyatakan sebagai negara baru yang memiliki kedudukan yang sama dengan negara-negara lain yang sudah melakukan Proklamasi Kemerdekaan. Bagi negara yang belum merdeka maka pengumuman Proklamasi Kemerdekaan pada dunia adalah suatu impian yang sangat didamba-dambakan.


Setiap negara punya sejarah sendiri untuk melakukan Proklamasi Kemerdekaan. Sama halnya negara dan bangsa Indonesia yang di mana sejarah Proklamasi Kemerdekaannya membutuhkan beberapa hal, seperti tetesan perjuangan, air mata, hingga tetesan darah yang bercucuran.


Indonesia dan warganya telah merebut kemerdekaan telah genap 77 Tahun lamanya. Sebuah refleksi waktu yang cukup panjang dari berbagai dinamika kebangsaan. Indonesia merdeka tak terlepas pula dari peran pemudanya di masa itu sehingga sewajibnya pemuda masa kini harus mengambil peran-peran strategis mewujudkan Indonesia lebih berdaulat.


Sebagai sebuah refleksi pada momentum memperingati kemerdekaan 17 Agustus 2022 generasi muda idealnya mampu menembus berbagai terobosan untuk ikut mewarnai berbagai dinamika kebangsaan yang serba rumit hari ini, konsep kolaborasi memperkuat SDM adalah kunci ikut mengelola arus besar berbagai setiap potensi yang kita miliki sebagai stock pemimpin masa depan.


Kita perlu banyak barisan anak muda yang menginisiasi perubahan  secara konsisten untuk bergerak melakukan lompatan perbaikan, jargon-jargon perubahan setiap saat kita mimpikan untuk kita wujudkan secara berjama'ah


Perahu besar untuk berkarya, mari kita bergandengan tangan menuju perubahan-perubahan yang bermakna dalam kemenangan. Menang setiap pada tantangan-tantangan untuk dijadikan sebagai arah gerak memberikan kontribusi terbaik bagi merah putih kita semua.


Kita semua sebagai kader generasi bangsa idealnya pula terus konsisten mendahulukan kepentingan Ilmu Pengetahuan, seorang negarawan sejati dan pemuda pembaharu tentu punya tekad untuk terus menaikkan level kualitas SDM unggul, Mendidik dirinya berbagai hal termasuk Investasi masa depan dengan cara memperkuat literasi, baik soal baca dan tulis, memandang ilmu pengetahuan sebagai jalan cerah-mencerahkan. kecintaan terhadap ilmu pengetahuan harus terus menjadi prioritas. Setiap perjumpaan gagasan kebangsaan generasi muda harusnya muncul pikiran-pikiran kebaruan yang bermimpi menjadi pemimpin-pemimpin muda yang berintegritas dengan buah-buah pikiran segar menjadi untuk melakukan pembaharuan pada segala aspek.


Refleksi kemerdekaan 17 Agustus 2022 tahun ini, semoga banyak lahir tokoh-tokoh pemuda pejuang dengan teladan dan berbagai proses perjalanan kepemimpinan yang ditempah berbagai pengalaman.


Selamat Merayakan Kemerdekaan Indonesia ke-77 Tahun. Insyallah optimis Indonesia terus lebih baik.


*Penulis adalah Ketua Komisi Kemaritiman PB HMI dan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Hasanuddin

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Catatan Kemerdekaan Ukhy Sukirman HUT RI 77 Tahun
  • 0

Terkini

test