Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kades Balielo Nur Asiah, Kandidat Kepala Desa Perempuan Inspiratif 2022

Admin
Jumat, 25 November 2022 Last Updated 2022-11-25T21:02:58Z


Liputan Abdul Wahab Dai


WAJO-Tersebutlah Nur Asiah, S.H., seorang kepala desa perempuan di Bumi La Maddukkelleng.


Setelah berhasil terpilih masuk dalam senarai 106 Kepala Desa Perempuan Hasil Penilaian Analisis Data SDGs Desa pada Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif Tahun 2022, Nur Asiah, S.H., Kepala Desa Balielo, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ini digdaya menembus 20 besar nasional sebagai kandidat jawara untuk selanjutnya bertarung menembus 10 besar se-Indonesia.




Hari ini Jumat, 25 November 2022, Drs. H. Luthfy Latief, M.Si., Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa pada Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT datang ke Wajo untuk verifikasi lapangan jelang pengumuman 10 besar nasional.


Sebelum menembus 20 besar nasional, 106 kepala kepala desa ini juga diwawancarai secara virtual. Hasil pemutakhiran data SDGs yang dilakukan oleh para relawan kelompok kerja pemutakhiran data SDGs desa ini turut menjadi penilaian pada ajang yang dihelat oleh Kemendes PDTT ini.




"Banyak kepala desa perempuan yang gagal menembus 106 besar akibat pemutakhiran data SDGs di desanya yang lamban dan tersendat," kata salah satu sumber.


Media ini yang memantau panel kendali SDGs desa, pagi ini didapat data bahwa secara nasional desa-desa secara mandiri baru mengumpulkan data rinci warga desa sebesar 100.028.996 jiwa di SDGs Desa. Padahal data menunjukkan jumlah penduduk Indonesia adalah adalah 276,4 juta pada tahun 2021 (sumber: Internet).


Atau 

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menyebutkan, pada 30 Juni 2022 atau Semester I 2022 jumlah penduduk Indonesia tercatat sebanyak 275.361.267 jiwa.


Saat ini para relawan pokja SDGs se-Indonesia terus didorong menyelesaikan pemutakhiran data SDGs Desa ini.




Dari Sulawesi Selatan tercatat hanya lima kepala desa perempuan yang menembus 106 besar. Kedatangan verifikator lapangan dari Kemendes PDTT hari ini ke Desa Balielo turut didampingi oleh Kepala Dinas PMD dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Wajo.


Hadir pula Kabid Bina Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Wajo, serta beberapa TA-PM P3MD Kabupaten Wajo. Nur Asiah, S.H. terpilih sebagai Kepala Desa Balielo pada Pilkades 2019 lalu.


Menurut hasil pemutakhiran data SDGs Desa 2022 dan data Indeks Desa Membangun (IDM) 2022, saat ini terdapat  4.120 kepala desa perempuan atau 5,5 persen dari total kepala desa se-Indonesia.



Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif ini digelar dengan memerhatikan pentingnya peran perempuan. Kementerian Desa, PDTT menggelarnya melalui Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan.


Dalam sebuah dokumen lomba disebutkan bahwa pencapaian kepemimpinan kepala desa perempuan juga telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Untuk itu perlu didorong tumbuhnya pendidikan publik dan saling menginspirasi antara desa dengan yang lainnya, sehingga desa semakin mampu menjawab beragam dimensi perempuan desa yang meliputi dimensi sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga kesempatan kerja, serta ketidakadilan, peminggiran dan marginalisasi.



Berita Lainnya

Tampilkan

  • Kades Balielo Nur Asiah, Kandidat Kepala Desa Perempuan Inspiratif 2022
  • 0

Terkini

test