Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sekolah Teknik Desa Kecamatan Gilireng Berakhir, Peserta Pelajari AutoCAD dan Sketchup

Admin
Kamis, 13 Juli 2023 Last Updated 2023-07-13T14:48:30Z


Penulis: Abdul Wahab Dai


WAJO-Setelah berlangsung sejak 18 Maret 2023 hingga 20 Juni 2023, Sekolah Teknik Desa (STD) Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ditutup secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Wajo Muhammad Ilyas, yang hadir menggantikan Bupati Wajo, dalam sebuah seremoni di Aula Kantor Kecamatan Gilireng pagi ini (Kamis, 13 Juli 2023).


Ketua Panitia Pelaksana Aslidayanti, S.P., M.Si. dari Badan Kerja Sama Antardesa (BKAD) Kecamatan Gilireng menjelaskan bahwa STD merupakan suatu kegiatan pendidikan dasar dan lanjutan di bidang teknik sehingga kader-kader teknik desa dapat merancang desain dan rencana anggaran biaya (RAB) kegiatan pembangunan desa.



Sekretaris Desa Abbatireng ini menambahkan bahwa praktik lapangan berlangsung pada tanggal 25 Maret 2023 di Desa Abbatireng. "Pembelajaran sendiri dilakukan di Aula Perpustakaan Kecamatan Gilireng," terang Aslidayanti.


Masih minimnya tenaga teknis desa yang dapat terlibat dalam perencanaan pembangunan desa dan dapat menyusun desain dan RAB secara sederhana menjadi salah satu latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini.


Media ini memperoleh data materi-materi yang diajarkan pada pelatihan ini adalah Standar Teknis Jalan Desa, Standar dan Persyaratan Teknis Bangunan Gedung di Desa, Standar Teknis Perencanaan Irigasi Desa/ Saluran Drainase, Pelatihan Aplikasi AutoCAD dan Sketchup, dan Penyusunan Desain RAB Desa untuk Kegiatan Tahun 2024.



"Kendala perencanaan desa yang ada di Kecamatan Gilireng selama ini adalah terlambatnya desain RAB disebabkan oleh masih minimnya tenaga teknis desa," lanjut Aslidayanti.


Kegiatan ini diikuti oleh dua orang kader teknik desa dari desa-desa se-Bumi Cakkuridie. Sekolah Teknik Desa ini adalah upaya meningkatkan kapasitas para kader teknik desa dan perangkat desa dalam urusan perencanaan desa, terutama yang bersentuhan dengan kegiatan fisik atau sarana dan prasarana.


Para pemateri sendiri berasal dari Universitas Lamappapoleonro (Unipol) Kabupaten Soppeng.



Hadir pada acara penutupan perwakilan Dinas PMD Kabupaten Wajo, Camat Gilireng, pemateri dari Unipol, beberapa TAPM P3MD Kabupaten Wajo, Kepala Desa Abbatireng dan Paselloreng dan TPP Kecamatan Gilireng.


Pada acara ini diserahkan pula sertifikat dan cenderamata dari Rektor Unipol kepada para peserta pelatihan.


Sumber Foto: BKAD Kevamatan Gilireng




Berita Lainnya

Tampilkan

  • Sekolah Teknik Desa Kecamatan Gilireng Berakhir, Peserta Pelajari AutoCAD dan Sketchup
  • 0

Terkini

test