Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Berakhirnya Festival Danau Tempe

Admin
Rabu, 23 Agustus 2023 Last Updated 2023-08-23T15:50:15Z


Oleh Abdul Wahab Dai


Surya tenggelam (surlam) di Danau Tempe, sebuah danau purba dengan ikan-ikan endemiknya berupa spesies ikan air tawar yang tidak dapat ditemui di tempat lain.


Ada ikan mujair, ikan gabus, ikan sepat, ikan emas, ikan kertas, ikan tawes, ikan lele, dan udang.


Mungkin di pesisir danau yang lain ada yang menikmati surbit (surya terbit) pada esok hari dengan foto dan lansekap nan indah pula.


Danau ini selalu disebut-sebut dalam narasi-narasi politisi jelang tahun-tahun politik. Danau ini pula kerap menjadi kawasan penelitian bagi ilmuwan dan menjadi kawasan konservasi bagi pegiat lingkungan.


***


Hari ini Festival Danau Tempe Ditutup. Sebagaimana ditulis Humas Pemkab Wajo dalam rilis persnya, Rabu 23 Agustus 2023 ini adalah hari terakhir pelaksanaan ajang Festival Danau Tempe yang masuk dalam kalender pariwisata nasional ini.


Lomba Perahu Hias di pesisir Sungai Walannae dibuka dan dilepas oleh Bupati Wajo Amran Mahmud yang diikuti oleh OPD, Pemerintah Kecamatan, Perbankan dan Perguruan Tinggi.


Amran Mahmud menjelaskan bahwa, tulis rilis tersebut, selain lomba perahu hias akan ada lomba perahu dayung, perahu mesin dan panjat pinang yang digelar di Gelora Wisata Desa Nepo.


"Ajang tahunan ini diharapkan menjadi ajang memperkenalkan pariwisata Kabupaten Wajo," kata Ketua DPD PAN Wajo empat periode ini.


Sumber Foto: Humas Pemkab Wajo


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Berakhirnya Festival Danau Tempe
  • 0

Terkini

test