Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sahrul Ashar Ketua BEM Unipol Soppeng Turun Gunung Bantu Kader Teknik Desa di Wajo

Admin
Sabtu, 26 Agustus 2023 Last Updated 2023-08-26T16:02:40Z


Abdul Wahab Dai

Pewarta Warga


WAJO-Sahrul Ashar, mahasiswa Semester VII Teknik Informatika Universitas Lamappapoleonro Kabuparen Soppeng, Sulawesi Selatan yang juga Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unipol senang bisa berinteraksi dengan para kader teknik desa hari ini pada pelatihan bertajuk Sekolah Teknik Desa di Kabupaten Wajo. Dia berharap agar peserta dapat mempraktikan pengetahuan yang didapat sesampai di desa.


Akhir pekan ini Sabtu, 26 Agustus 2023 berlangsung Pertemuan Kedua Sekolah Teknik Desa dengan materi yang dibawakan oleh dosen Teknik Sipil Unipol dalam sebuah pelatihan Kader Teknik Desa dari desa-desa di Kecamatan Pitumpanua dan Keera, Kabupaten Wajo tentang Desain dan RAB (Rencana Anggaran Biaya) kegiatan infrastruktur desa.



Materi hari ini adalah Pengenalan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Pengenalan Infrastruktur Saluran dan Bangunan, Persiapan Pelaksanaan Praktik I berupa Pengenalan Jenis Alat Ukur Praktik II "Tata Cara Pengambilan Data Ukur".


Pertemuan Kedua ini berlangsung di Aula UPT SMKN 2 Wajo di Kelurahan Bulete, Kecamatan Pitumpanua. 


Para pemateri hari ini adalah Ilham Yunus, S.T., M.Si., dosen Unipol dibantu oleh Sahrul Ashar, Saebal, Muh. Akbar, dan Reza -- mereka adalah para asisten dosen Unipol yang bertugas memfasilitasi pemasangan (peng-install-an) aplikasi AutoCAD dan Sketchup di laptop masing-masing peserta.



Pada materi Pengenalan Alat Ukur, pemateri mengenalkan Automatic Level Waterpass dan Theodolit. Penulis masih mencoba mencari padanan bahasa Indonesia yang tepat untuk kedua alat ini.


Selain teori dalam kelas, kader teknik ini langsung diajar mempraktikkan kegunaan kedua alat ini di jalanan yang ada di sekolah yang dulu bernama SMKN 1 Pitumpanua ini.


Pelatihan akan berlangsung 14 kali pertemuan dengan lokasi gedung SMKN 2 Wajo di Bulete dan SMAN 12 Wajo di Ballere.



Kegiatan peningkatan kapasita sumber daya manusia desa  

ini diselenggarakan bersama antara Badan Kerjasama Antar-Desa (BKAD) Kecamatan Pitumpanua dan Kecamatan Keera yang didampingi oleh para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) PD, PLD, dan TAPM dari P3MD Kabupaten Wajo.


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Sahrul Ashar Ketua BEM Unipol Soppeng Turun Gunung Bantu Kader Teknik Desa di Wajo
  • 0

Terkini

test