Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Wajo: Wisata Konvensional dan Wisata Literasi Perdesaan Terus Diinisiasi

Admin
Rabu, 30 Agustus 2023 Last Updated 2023-08-30T17:02:54Z


Abdul Wahab Dai

Pewarta Warga


WAJO-Kabar tentang pembangunan kolam-kolam renang oleh Kemendes PDTT RI berupa Dana Aspirasi H. Andi Iwan Darmawan Aras, S.E., M.Si. (Anggota DPR RI) di tiga desa di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan tahun 2023 ini sudah meluas, bahkan sudah ada yang bertanya-tanya perihal hari perdana pembukaan wisata konvensional ini.


Lain halnya soal wisata literasi yang masih awam bagi masyarakat berupa "storynomics tourism" baru pada tahap pengenalan di Kabupaten Wajo. Dalam dua tahun terakhir Departemen Sastra Prancis Universitas Hasanuddin Makassar memperkenalkan wisata literasi di Desa Lalliseng, Kecamatan Keera.



Hari ini Rabu, 30 Agustus 2023 berlangsung Pemantauan dan Evaluasi (Monev) Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa Wisata Tahun Anggaran 2023 yakni Pembangunan Kolam Permandian dan Toilet (Desa Tonralipue, Kecamatan Tanasitolo) di Jalan Andi Baso Adam, Pembangunan Kolam Wisata Batue (Desa Ciromanie, Kecamatan Keera) di Dusun Bontomare, dan Pengembangan Wisata -- Pembangunan Kolam Permandian (Desa Lompoloang, Kecamatan Pitumpanua) di Dusun Padanglaserang.


Mereka yang ditugaskan melakukan Monev kali ini adalah Yanward Meka Romy Kaban, S.T., Analisis Pengembangan Sarana dan Prasarana dan Indah Yunitasari dari Direktorat PSPDP yang hasilnya akan dilaporkan kepada Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan (PSPDP) pada Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.



Kegiatan pembangunan ini merupakan Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) atau yang dikenal dengan sebutan Dana Aspirasi melalui Anggota DPR RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya H. Andi Iwan Darmawan Aras, S.E., M.Si. yang digelontorkan tahun ini melalui Kemendes PDTT RI. 


Hadir hari ini di tiga titik lokasi Saiful, S.E., M.I.Kom. dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wajo, Bakri, S.T., M.Si. selaku Koordinator Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Wajo beserta para Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Wajo, Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Keera, Pitumpanua, dan Tanasitolo serta para kepala desa sasaran bantuan.

 

Hadir pula Muhammad Amin, perwakilan Tenaga Ahli DPR RI Sultan Tajang, S.H.I. Dalam pantauan media ini pembangunan ketiga sarana wisata ini terus mengalami kemajuan dibanding saat kunjungan utusan Kemendes PDTT RI sebelumnya.



Saiful dari Dinas PMD dalam perbincangan dengan media ini  di sela-sela Monev mengulik soal wisata literasi yang diperkenalkan di Desa Lalliseng. "Di desa lain juga ada situs yang bisa dikembangkan sebagai titik wisata literasi seperti di Desa Simpurusia, Kecamatan Pammana dengan latar cerita dan legenda," tutur Saiful.


Sumber Foto: P3MD Wajo


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Wajo: Wisata Konvensional dan Wisata Literasi Perdesaan Terus Diinisiasi
  • 0

Terkini

test