Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pilkades di Wajo: Ada apa 5 Oktober 2023 Tulat?

Admin
Senin, 02 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-02T14:38:57Z


Abdul Wahab Dai

Jurnalis Lepas


WAJO-Tulat Kamis, 5 Oktober 2023 nanti ada tiga agenda besar dalam tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2023 pada 26 desa dalam wilayah 9 kecamatan se-Bumi La Maddukkelleng (sebutan Kabupaten Wajo), Sulawesi Selatan.


Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI), Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) di 26 desa akan menetapkan para bakal calon kepala desa (bacakades) menjadi calon kepala desa (cakades).


Data menunjukkan terdapat 70 bacakades telah mengikuti Ujian Tertulis di kompleks SMAN 3 Wajo (eks SMAN 2 Sengkang) akhir pekan lalu, padahal sebelumnya terdapat 72 bacakades yang mendaftar di PPKD-PPKD.


Hari itu pula PPKD disibukkan dengan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang biasanya digelar dalam bentuk rapat pleno.

Foto 2: Contoh Visi dan Misi Calon Kepala Desa (Koleksi Penulis).


Pengundian Nomor Urut akan menjadi acara yang paling menarik sebab biasanya diwarnai hadirnya perwakilan pendukung dan simpatisan, bahkan tim sukses yang mungkin sudah dibentuk oleh relawan cakades. Hari itu juga akan ditetapkan model surat suara yang akan digunakan.


Berkaca pada Pilkades Serentak 2021, media ini mengingatkan sebaiknya Undangan Pemilih tiba di desa-desa pada Hari Minus Lima (H-5) agar ada waktu bagi  PPKD untuk mendistribusikannya dari rumah ke rumah dan diterima langsung oleh pemilih atau orang yang serumah dengan pemilih.

Foto 3: Kantor Dinas PMD Kabupaten Wajo di Sengkang (Atas Perkenan Akbar Saeni/Sekretaris PPKD Bulu Siwa).


Dalam praktiknya pendistribusian kemungkinan mengambil waktu dua sampai tiga hari. Bila rumah kosong yang didapati, surat undangan biasanya dibawa pulang oleh PPKD ke Sekretariat dan dibawa lagi pada kesempatan lain untuk mencegah penyalahgunaan surat  undangan.


Media ini tak mendapatkan data tempat pencetakan surat suara itu sendiri. Hari H Pilkades adalah Senin, 23 Oktober 2023.


Foto 1 (Utama): Plano Perhitungan Suara pada.salah satu desa saat Pilkades Serentak 2021 (Koleksi Penulis).


Berita Lainnya

Tampilkan

  • Pilkades di Wajo: Ada apa 5 Oktober 2023 Tulat?
  • 0

Terkini

test