Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pilkades di Wajo: DPT Leppangeng Terbanyak, Maccolliloloe Paling Buncit

Admin
Jumat, 20 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-20T13:34:41Z

Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Dari 26 desa pada 9 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Senin tulat, 23 Oktober 2023, Desa Leppangeng di Kecamatan Belawa menjadi desa dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak yakni 2.990 pemilih. Sebelumnya Daftar Pemilih Sementara (DPS) Leppangeng 3.055 pemilih.


Sementara Desa Maccolliloloe di Kecamatan Pitumpanua berada di urutan paling buncit dengan DPT hanya 263 pemilih (saat DPS 268 pemilih).

Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) di 26 desa ini telah menetapkan jumlah dan senarai pemilih dalam Rapat Terbuka Penetapan DPT Pilkades 2023 dan telah mengumumkannya ke publik.


Data lain yang diterima media ini dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Wajo menunjukkan hanya 4 desa yang membentuk 3 Panitia TPS dan menyiapkan 3 TPS yakni Rajamawellang, Leppangeng, Awota, dan Keera. Sisanya hanya membentuk 2 Panitia TPS dan menyiapkan 2 TPS.


Sebagaimana dikutip dalam juknis disebutkan bahwa "dalam hal jumlah kepala desa terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari 1 (satu), calon terpilih ditetapkan berdasarkan suara terbanyak pada TPS dengan jumlah pemilih terbanyak", maka jumlah TPS harus lebih dari satu buah.


DPT yang ditetapkan 5 Oktober 2023 lalu merupakan hasil Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang berlangsung tanggal 2 sampai 4 Oktober 2023. Jumlah DPS 28.803 sendiri berubah menjadi DPT 28.973 di 26 desa.


Dari Sengkang dilaporkan bahwa dalam rangka persiapan pelaksanaan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkades Serentak 2023, Dinas PMD Kabupaten Wajo melaksanakan Pembekalan Panitia TPS Kamis kemarin 19 Oktober 2023 di Aula Dinas PMD.

Pembekalan dihadiri oleh 26 Ketua PPKD dan 56 Ketua TPS serta 9 Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan. "Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait tugas PPKD dan panitia TPS pada tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara," tulis Saiful, S.E., M.I.Kom kepada kontributor kareba-celebes.com dalam pesan Telegram kemarin.

Foto 1: Pembekalan Ketua PPKD, Ketua TPS, dan Kasi Pemerintahan di Aula Dinas PMD.

Foto 2 & 3: Perbandingan antara DPS dan DPT Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Wajo. 

Sumber Foto: Dinas PMD Kabupaten Wajo

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Pilkades di Wajo: DPT Leppangeng Terbanyak, Maccolliloloe Paling Buncit
  • 0

Terkini

test