Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pilkades di Wajo: Tersisa 69 Calon, Akan Ada 5 Kepala Desa Baru

Admin
Selasa, 17 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-17T23:08:25Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Dari 72 bakal calon kepala desa yang pernah mendaftarkan diri di 26 PPKD se-Kabupaten Wajo, terdapat 70 bakal calon yang mengikuti tes tertulis, kini tersisa 69 calon yang akan berkompetisi.


Lima desa dalam wilayah Kabupaten Wajo yang turut menggelar Pilkades Serentak 2023 dipastikan dipimpin oleh pemerintahan baru pascapilkades 23 Oktober 2023 yang akan dilanjutkan dengan pelantikan kepala desa terpilih yang jadwalnya belum diketahui.


Ini merujuk pada catatan dan daftar bakal calon kepala desa pendaftar Pilkades Serentak yang diterima media ini dan realitas yang terjadi di masing-masing desa.



Kelima desa yang akan dipimpin oleh kepala desa baru adalah Desa Wewangrewu di Kecamatan Tanasitolo, Desa Parigi di Kecamatan Takkalalla, serta Desa Maccolliloloe, Desa Jauh Pandang, dan Desa Lacinde di Kecamatan Pitumpanua. Pilkades di kelima desa ini berlangsung tanpa petahana.


Kemarin Selasa, 17 Oktober 2023 adalah hari perdana masa kampanye yang akan berlangsung selama 3 hari (17-19 Oktober 2023).


Beberapa gambar yang sampai ke redaksi kareba-celebes.com memperlihatkan suasana tertib dan lancar Pemaparan Visi-Misi Calon Kepala Desa di Desa Jauh Pandang, Desa Alelebbae, Desa Baubau, Desa Keera, dan Desa Awota.


Desa Baubau di Kecamatan Pitumpanua menjadi desa dengan calon kepala desa paling banyak yakni 5 calon kepala desa.


Dari Jauh Pandang, Kecamatan Pitumpanua, dua calon kepala desa memaparkan visi misinya. Calon Kepala Desa Jauh Pandang Mustafa, S.Pd. membesut visi "bersama membangun desa Jauh Pandang bersih, transparan, menuju desa yang maju, mandiri, dan religius 


Sementara Ali Patangngari, S.Sos. menyebut dalam visinya akan "mewujudkan masyarakat Desa Jauh Pandang yang beriman, mandiri, adil dan sejahtera".


Di Jauh Pandang, Burhanuddin, S.Pd.I., Ketua PPKD Jauh Pandang memberitahu media ini dalam sebuah wawancara telepon bahwa beberapa tokoh masyarakat memberikan usulan setelah Pemaparan Visi dan Misi Calon Kepala Desa Jauh Pandang 2023-2029.


Misalnya Drs. H Mustamin (tokoh masyarakat) mengharapkan para calon dan tim pendukung dari setiap calon mematuhi aturan yang telah ditentukan oleh Peraturan Daerah Kabupaten Wajo yang dipaparkan oleh ketua PPKD agar pemilihan Pilkades berjalan lancar dan damai serta sukses.


Sementara Baharuddin, S.Pd. (tokoh masyarakat) mengusulkan kepada perangkat desa, kepala dusun, BPD, Ketua RT, dan para Imam Dusun tidak ikut-ikutan dalam berkampanye pada masa kampanye.


Pada bagian lain Mursalim (tokoh masyarakat) menyarankan agar dalam proses kampanye, setiap calon dan tim sukses menjaga silaturahmi dan tidak memunculkan isu SARA yakni Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan pada saat melakukan kampanye.



Terakhir Kepala dusun Jauh Pandang Roe, S.E., berharap setelah Pilkades berlangsung dan telah terpilih kepala desa agar bisa kembali berjalan searah serta merajut kebersamaan dengan satu tujuan untuk menjadikan Desa Jauh Pandang desa yang sejahtera dan makmur.


Burhanuuddin mengatakan bahwa acara semula dijadwal berlangsung di Aula Kantor Desa Jauh Pandang, namun berhubung ada warga yang meninggal dunia di Depan Kantor Desa, maka lokasi Pemaparan Visi dan Misi dialihkan ke Aula Pertemuan Pesantren Al-Mujahidin Muhammadiyah Jauh Pandang setelah PPKD menerima saran dari kedua calon dan masyarakat.


Jika di Desa Jauh Pandang PPKD memberi ruang kepada para undangan memberi usulan, di Desa Keera, Kecamatan Keera PPKD memberi kesempatan kepada Camat Keera, Kapolsek Keera, Kepala SPKT Polsek Keera, PPKD, BPD, dan warga desa untuk bertanya kepada kedua calon sehingga acara menjadi mirip "Debat Capres" dalam susana kekeluargaan sebagaimana disaksikan sendiri oleh penulis.


Dari Desa Awota, Kecamatan Keera, Pendamping Lokal Desa (PLD) Awota Supardi memberitahu media ini bahwa di sana tidak dibuka sesi tanya-jawab setelah Pemaparan Visi dan Misi Calon Kepala Desa Awota 2023-2029 sehingga acara bubar lebih cepat.



Media ini juga menerima gambar dari Sekretaris Desa Alelebbae Ilyas Mawi, Kecamatan Pitumpanua yang memperlihatkan suasana pasca-Pemaparan Visi dan Misi Calon Kepala Desa Alelebbae oleh Syamsuddin (Nomor Urut 1) dan Kamsuri (Nomor Urut 2).


Foto: Suasana Pemaparan Visi dan Misi Calon Kepala Desa Jauh Pandang, Alelebbae, Keera, dan Awota (Sumber Foto: PPKD Jauh Pandang, Sekdes Alelebbae, Polsek Keera, Koleksi Penulis)

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Pilkades di Wajo: Tersisa 69 Calon, Akan Ada 5 Kepala Desa Baru
  • 0

Terkini

test