Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pilkades: Pejawat Baubau Terjungkal, Buriko "Memanas" di Pitumpanua

Admin
Senin, 23 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-25T06:07:12Z
Foto: Kantor Kecamatan Pitumpanua.(Koleksi Penulis).


Abdul Wahab Dai
Kontributor


WAJO-Pejawat --sebutan lain untuk inkumben atau petahana (Inggris: incumbent) -- Desa Baubau Jumadi gagal mempertahankan kursi Kepala Desa Baubau, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.


Laporan-laporan tak resmi yang tiba di meja Redaksi kareba-celebes.com memperlihatkan kandidat Burhanuddin mengungguli Jumadi cukup jauh dengan 197 berbanding 119 suara. Kedua suara ini dibuntuti oleh kandidat Hj. Rosdiah Rasyid dengan 102 suara.


Pilkades Baubau kali ini menjadi desa dengan kandidat terbanyak dari 26 desa yang menggelar Pilkades di Bumi La Maddukkelleng. Berikut senarai perhitungan suara Pilkades Baubau yang diperoleh media ini dari beberapa sumber:


Jumadi: 119
Hj. Rosdiah Rasyid: 102
A. Amiruddin: 23
Burhanuddin: 197
Muhammad Sukri: 66


Sementara itu Pilkades Buriko "memanas" dengan perhitungan suara seri yang diperoleh kandidat pejawat Ashadar dan penantang Haerudddin T. "Saya mohon maaf, Pak! Belum ada keputusan karena seri!" ujar Nurdin, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Buriko yang dikonfirmasi kemarin (Senin, 23 Oktober 2023) petang lewat sambungan seluler.


Laporan-laporan menyebutkan Ashadar dan Haeruddin T berbagi 339 suara, sementara kandidat penantang lainnya Elfiani N hanya mengumpulkan 18 suara.


Terkait Pilkades Buriko, media ini masih menunggu penjelasan resmi dari Dinas PMD Kabupaten Wajo.


Di tempat lain, media ini berhasil menelusuri hasil perhitungan suara tak resmi dari beberapa desa yang menggelar Pilkades Serentak.


Hasil yang disajikan media ini bersifat "unofficial results" (hasil tak resmi) yang dikenal dalam dunia jurnalistik di negara-negara demokrasi untuk memenuhi keingintahuan publik atas hasil pemungutan suara.  Data ini belum dilegalisasi melalui rapat-rapat resmi saat mana kemarin seyogyanya terdapat 7 agenda, akan tetapi data-data berikut didapatkan dari sumber-sumber terpercaya.


Dari Desa Maccolliloloe Ketua PPKD Maccolliloloe memberitahu media ini via pesan WhatsApp bahwa Pilkades dimenangkan oleh calon nomor urut 3 Abdul Hayat dengan detil suara:


Abdul Hayat: 147
Yusryana, S. I. Kom: 48
Muhammad Yunus: 41


Di Desa Kaluku pejawat Baso Ahmad, S.T. "menaklukkan" Sriwidiastuti, S.Pd. dengan detil suara:


TPS 01:
Sriwidiastuti, S.Pd: 8
Baso Ahmad, S.T.: 153


TPS 02
Sriwidiastuti, S.Pd: 16 suara
Baso Ahmad, S.T.: 178 suara
(Sumber: Baso Ahmad)


Informan kareba-celebes.com di Desa Lompo Bulo (Kaur Keuangan Pemdes Lompo Bulo) menyebutkan petahana Munir Syahrir mengalahkan Nurdin dengan suara masing-masing:


Munir Syahril: 330
Nurdin : 102


Pejawat Supriadi, S.IP. di Desa Kompong berhasil mengungguli seteru terdekatnya Hermanto dengan selisih 15 suara. Detil rekapitulasi suara yang didapatkan media ini dari PPKD Kompong adalah:


Supriadi, S.IP.: 215
Rostang   : 24  
Hermanto : 200


Dari Desa Padang Loang dua sumber yakni Murti (Pemantau Pilkades dari Diskominfo Wajo)  dan Ketua PPKD Padang Loang  mengirim senarai perhitungan suara kepada media ini:


TPS 01
Muhammad Arsyadi R: 113
Harahman: 17
Mannang, S.E.: 168


TPS 02
Muhammad Arsyadi R: 20
Harahman: 196
Mannang, S.E.: 79


Agregat:
Muhammad Arsyadi R: 133
Harahman: 213
Mannang, S.E.: 247


Laporan lainnya menyebutkan Sekretaris Desa Jauh Pandang Mustafa, S.Pd. naik tingkat menjadi kepala desa setelah hasil perhitungan suara yang diterima media ini dari Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Jauh Pandang Burhanuddin, S.Pd.I. kemarin sore menunjukkan keunggulan Mustafa dari rivalnya Muh. Ali Patangngari, S.Sos.


Data dari PPKD Jauh Pandang yang diterima Redaksi menyebutkan detil perolehan suara di tiap Tempat Pemungutan Suara:


TPS 01
Mustafa, S.Pd.: 285
Muh. Ali Patangngari, S.Sos.: 139


TPS 02
Mustafa, S.Pd.: 55
Muh. Ali Patangngari, S.Sos.: 172


Sehingga total rekapitulasi suara:


Mustafa, S.Pd.: 340
Muh. Ali Patangngari, S.Sos 311


Dengan selisih 29 suara ini membuat Mustafa melenggang sebagai Kepala Desa Terpilih Jauh Pandang.


Dari sumber-sumber terpercaya lainnya beberapa pejawat di Pitumpanua berhasil mengamankan mandat kedua seperti Alam, S.Sos. di Desa Botto Tengnga, Amirullah, S.P. di Desa Bulu Siwa, Syamsuddin di Desa Alelebbae, dan Drs. H. Hamka Djamil di Desa Mattirowalie.


Sementara itu Desa Lacinde menyambut Lahing sebagai Kepala Desa Terpilih.

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Pilkades: Pejawat Baubau Terjungkal, Buriko "Memanas" di Pitumpanua
  • 0

Terkini

test