Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Upaya Perangi Tengkes di Lalliseng Berlanjut, Sarana Sanitasi dan Air Bersih Meningkat

Admin
Rabu, 03 Januari 2024 Last Updated 2024-01-05T22:07:46Z

Abdul Wahab Dai

Pembuat Konten


WAJO-Pada tahun 2023 lalu, selain menerima program Sanitasi Masyarakat (Sanimas) berupa 25 unit jamban keluarga -- yang tersebar di antero Desa Lalliseng, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan--dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( Kemen PUPR), Direktorat Jenderal Cipta Karya, Desa 'Tana Mallise' Lalliseng juga menerima program sarana air bersih dengan anggaran APBN.


Kedua program ini dilaksanakan dengan skema Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) H. Andi Iwan Darmawan Aras, S.E., M.Si.(Wakil Ketua Komisi V DPR RI) di Daerah Pemilihan Sulsel II. Perjuangan AIA ini bersama dengan Tenaga Ahli DPR RI Sultan Tajang, S.H.I. telah dan akan dinikmati warga Desa Lalliseng. Tandem AIA-ST dalam meningkatkan sarana sanitasi masyarakat dan air bersih sangat dirasakan oleh masyarakat Desa Lalliseng.


Sarana air bersih tersebut adalah IBM Pamsimas atau Infrastruktur Berbasis Masyarakat/Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat di Dusun Batu Cokkong dan Peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jaringan Perpipaan di Dusun Abbanuangnge dengan APBD Kabupaten Wajo.


Akhir tahun lalu telah diadakan uji fungsi sarana air bersih dengan sebuah menara air yang terletak di Dusun Batu Cokkong setelah sebelumnya diadakan pelatihan promosi kesehatan dan pelatihan KP-SPAM (Kelompok Pengelola) Sistem Penyediaan Air Minum. Program ini dibesut oleh Kemen PUPR.


Kedua program ini adalah bagian dari upaya-upaya mengurangi kejadian tengkes (stunting) di Desa Lalliseng setelah sebelumnya gedung Posyandu Sentosa II kelar dibangun di Dusun Batu Cokkong dan telah difungsikan pada tahun 2021 dengan Dana Desa.



Tahun lalu (2023) pula dibangun sebuah gedung PAUD dengan Dana Desa 2023 di Dusun Abbanuangnge yang direncanakan akan terintegrasi dengan sebuah gedung posyandu.


Menurut Kepala Desa Lalliseng Ahmad Hasriadi Kasnur, S.IP., kegiatan pembangunan sarpras yang berkaitan dengan program percepatan penurunan tengkes ini merupakan hasil Rembuk Stunting yang rutin digelar dalam beberapa tahun terakhir dan dibangun dengan beragam sumber anggaran.


"Kami selaku Pemerintah Desa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak H. Andi Iwan Darmawan Aras dan Kanda Sultan Tajang atas kepeduliannya terhadap Desa Lalliseng sehingga upaya-upaya mengurangi kejadian stunting di desa kami dapat makin kuat," ujar Kepala Desa Lalliseng Ahmad Hasriadi Kasnur


Dikutip dari dokumen APBDesa 2024 Desa Lalliseng, perpipaan air bersih di desa ini akan dilanjutkan dengan Dana Desa 2024 berupa Pekerjaan Lanjutan Perpipaan Air Bersih.


Sumber Foto: Ahmad Hasriadi Kasnur, Koleksi Penulis, dan warganet.










Berita Lainnya

Tampilkan

  • Upaya Perangi Tengkes di Lalliseng Berlanjut, Sarana Sanitasi dan Air Bersih Meningkat
  • 0

Terkini

test