Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menuju Paojepe Desa Santri, Ponpes Hurriyatunnas Kian Berkembang

Admin
Sabtu, 13 Mei 2023 Last Updated 2023-05-13T12:43:38Z


Penulis: Abdul Wahab Dai


WAJO-Walau berstatus pendatang baru, Pondok Pesantren Hurriyatunnas Bakti yang berkampus di Desa Paojepe, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan terus melesat mengalami kemajuan.


Ponpes ini mengelola level pendidikan TPQ, Madrasah Diniyah Taqmiliyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.



"Kami juga memiliki laboratorium komputer TIK serta asrama santri bagi putra dan putri," terang Andi Ibrahim, S.Ag., salah seorang dewan pembina yang ditemui di pondok pesantren ini beberapa hari yang lalu.


Pesantren ini, kata Andi Ibrahim, selain membina santri dari sekitar Desa Paojepe, juga mendidik santri dari luar Desa, dan bahkan dari luar Wajo. "Ada santri dari kaum anak yatim dan kaum duafa, dan kami didik secara gratis," katanya.


Terletak di Jalan Poros Paojepe-Tanete, tidak jauh dari sebuah pertigaan di Paojepe, ponpes ini memiliki sarana pendidikan seperti lapangan olahraga, ruang kelas, dan sebuah musala.


Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan adalah Dakwah, Kesenian, Pramuka, dan Olahraga. "Ada juga Pengajian Kitab seperti Kitab Riyadhus Shalihin, dan yang lainnya," katanya.



Kini Pondok Pesantren Hurriyatunnas menatap Tahun Pelajaran 2023/2024 di mana Penerimaan Santri dan Santriwati dibuka sejak 1 April hingga 30 Juni 2023.


Desa Paojepe kini berstatus Desa Maju dari lima level desa yang ada yakni Desa Sangat Tertinggal, Desa Tertinggal, Desa Berkembang, Desa Maju, dan Desa Mandiri.


Salah satu yang mendukung Desa Paojepe sebagai Desa Maju adalah tersedianya jenjang pendidikan dari PAUD hingga SLTA.


Ada 2 kelompok belajar (KB) 1 TK, 1 MDTA, 1 MDT, 2 SD, 1 MTs, dan 1 MA. Dengan demikian putra-putri Desa Paojepe tak perlu meninggalkan Desa untuk menempuh pendidikan sejak PAUD hingga SLTA.


Ponpes Hurriyatunnas sendiri telah menelurkan para hafiz dan pendakwah yang bahkan telah berkiprah di luar pesantren.



"Kami juga tidak mengabaikan iptek di mana pesantren kami memiliki laboratorium berupa balai latihan kerja," papar Andi Ibrahim kepada media ini sambil menunjuk sebuah gedung.


Didukung oleh lahan yang luas dan jauh dari hiruk pikuk, pesantren ini dapat menjadi pilihan putra-putri Anda.

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Menuju Paojepe Desa Santri, Ponpes Hurriyatunnas Kian Berkembang
  • 0

Terkini

test