Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pilkades Keera dan Awota Berpotensi "Satu Lawan Satu"

Admin
Sabtu, 19 Agustus 2023 Last Updated 2023-08-19T12:01:25Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Pertarungan meraih mandat rakyat desa dan kursi kepala desa pada Pemilihan Kepala Desa Keera dan Desa Awota 2023 di Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan mulai menghangat.


Jika kedua bakal calon petahana yakni Syamsurida, S.Sos. di Desa Keera dan M.N. Harjum di Desa Awota berhasil memenuhi persyaratan pencalonannya sebagai bakal calon petahana, pertarungan "satu lawan satu" berpotensi besar di dua desa dengan nama diri dan toponimi yang historis ini.


Foto: Kepala Desa Awota menyampaikan LKPJ Akhir Masa Jabatan di hadapan BPD dan unsur masyarakat Desa Awota.

***

Keera adalah toponimi dari suara burung kakatua (Cacatuidae) atau Cakkêlléék yakni "kéaak, kéaak" dan Awota adalah akronim dari Awo Tanete. Awo dan Tanete adalah dua entitas politik lokal masa silam yang namanya diwarisi oleh Desa Awo dan Desa Awota. Bahkan nama Awo disebut-sebut sebagai "pangulunna" atau "penghulu" Pitumpanua.


***


Pekan ini kedua bakal calon petahana ini berhasil memenuhi salah satu persyaratan pencalonan Pilkades yang akan digelar Senin, 23 Oktober 2023 pada 65 hari ke depan.

Foto: Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Keera berpose setelah memasang plang Sekretariat PPKD Keera.


Rabu, 16 Agustus 2023 lalu, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan Kepala Desa Keera diterima oleh forum Musyawarah Desa LPKJ Akhir Masa Jabatan Kepala Desa Keera 2017-2023 yang digelar oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Keera.


Setelah Musdes, Syamsurida menyerahkan dokumen LKPJ kepada Ketua BPD Keera Chaerul Basra dan dokumen Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) kepada Bupati Wajo melalui Camat Keera yang saat itu diwakili oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kasi PMD) Kecamatan Keera Rahmawati, S.E.


Hari ini Sabtu, 19 Agustus 2023 dari Desa Awota dilaporkan Kepala Desa Awota M.N. Harjum juga menyerahkan dokumen LKPJ dan LPPD masing-masing kepada Ketua BPD yang diwakili Rahmatang dan kepada Bupati Wajo melalui Camat Keera Drs. Alvian Jaya pasca-Musdes LKPJ Akhir Masa Jabatan saat mana forum menerima dengan baik LKPJ Kepala Desa Awota.


Prediksi redaktur politik media ini merujuk pada hasil penelusuran di lapangan dan media ini mendapatkan keterangan bahwa di Desa Keera bakal calon petahana Syamsurida akan ditantang oleh Annas yang disebut-sebut sebagai penantang tunggal dalam Pilkades Keera.


Kondisi serupa berpeluang terjadi di Desa Awota di mana bakal calon penantang Andi Amirullah akan meladeni kembali bakal calon petahana M.N. Harjum yang mengalahkannya pada Pilkades Awota 2017. Kala itu M.N. Harjum menumbangkan petahana Andi Amirullah dalam pertarungan 5 calon kepala desa.


Namun dinamika politik bisa saja terus berkembang dengan munculnya calon ketiga dan calon kuda hitam. Dalam politik semua serba mungkin terjadi.


Dari Dinas PMD Kabupaten Wajo dilaporkan bahwa hingga kemarin (Jumat, 18 Agustus 2023) sudah 58 bakal calon kepala desa yang mengambil Surat Keterangan Tidak Pernah Menjadi Kepala Desa Selama Tiga Kali Masa Jabatan di Kantor Dinas PMD berdasarkan pernyataan para bacakades. Dari Desa Keera terdapat 2 orang dan dari Desa Awota 1 orang.


Foto Sampul: Kepala Desa Awota M.N. Harjum menyerahkan dokumen LKPJ Akhir Masa Jabatan kepada Bupati Wajo melalui Camat Keera Drs. Alvian Jaya (Foto: Abdul Wahab Dai)

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Pilkades Keera dan Awota Berpotensi "Satu Lawan Satu"
  • 0

Terkini

test