Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Desa Waetuwo Kian Berkibar, Tembus Top 45 Nasional Lomba Desa Wisata 2023

Admin
Selasa, 10 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-11T05:46:32Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Desa Waetuwo di Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menembus posisi 45 Besar Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 pada Kategori Desa Sangat Tertinggal/Desa Tertinggal/Desa Berkembang.


Sebagaimana diketahui dalam pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) saban tahun terdapat 5 level desa yakni Desa Sangat Tertinggal, Desa Tertinggal, Desa Berkembang, Desa Maju, dan Desa Mandiri.



Pada IDM 2022 Desa Waetuwo masih berstatus Desa Berkembang dan pada tahun 2023 ini sudah berkasta Desa Maju. 


Lomba yang dihelat oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (Dirjen PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) RI ini membagi lomba menjadi dua kategori yakni Kategori Desa Sangat Tertinggal/Desa Tertinggal/Desa Maju dan Kategori Desa Maju/Desa Mandiri.


Dalam salinan digital Pengumuman 45 Besar Kategori Desa Sangat Tertinggal/Tertinggal/Berkembang dan 45 Besar Kategori Desa Maju/Mandiri Tahun 2023 yang diterima redaksi kareba-celebes.com dan dilihat oleh kontributor Abdul Wahab Dai, Desa Waetuwo tersenarai bersama Desa Datara (Jeneponto), Desa Lembanna (Bulukumba), dan Mattabulu (Soppeng) --hanya 4 dari Sulsel--.



Andi Muhammad Amin, S.H., Kepala Desa Waetuwo dalam wawancara seluler jelang tengah malam tadi (Selasa, 10 Oktober 2023) mengatakan bahwa dalam lomba yang lain pada tahun ini pula Desa Waetuwo berhasil lolos ke dalam 500 besar Desa Wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno. "Terakhir kita lolos 300 besar," ujar Andi Budi (sapaan akrab Kepala Desa Waetuwo).


Menurut catatan media ini, Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 ini memperebutkan total hadiah Rp1.000.000.000,00. Destinasi wisata yang diikutkan dalam lomba ini harus dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa.



Keberhasilan Desa Waetuwo ini ditopang oleh Kawasan Agrowisata Pertanian Terpadu Gelora Permata Hijau.


Di kawasan ini telah dibangun kolam renang dengan dana bantuan Kemendes PDTT RI tahun 2022 lalu. Kawasan wisata ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa "Budi Mandiri" Waetuwo sebagaimana yang menjadi syarat untuk ikut berpartisipasi dalam lomba ini.


Menurut Andi Budi, Desa Waetuwo masih berjuang menembus Top 30 Nasional


Sumber Foto: Pemdes Waetuwo

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Desa Waetuwo Kian Berkibar, Tembus Top 45 Nasional Lomba Desa Wisata 2023
  • 0

Terkini

test