Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Rengkuh Juara I Nasional, Waetuwo Kampiun Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Admin
Jumat, 24 November 2023 Last Updated 2023-11-26T11:54:42Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


LOMBOK BARAT-Desa Waetuwo di Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menasbihkan diri sebagai kampiun dan jawara pada ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 pada Kategori Desa Sangat Tertinggal/Desa Tertinggal/Desa Berkembang.


Kontributor kareba-celebes.com Abdul Wahab Dai yang memirsa siaran langsung Malam Apresiasi Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 melalui kanal Youtube @kemendespdtt-live7886 KEMENDES PDTT-LIVE malam ini Jumat, 24 November 2023 mendapatkan konfirmasi dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wajo Dra. Hj. Andi Liliyannah, M.M. mengenai prestasi Desa Waetuwo ini.



Liliyannah hadir langsung di Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat bersama Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si., Kepala Desa Waetuwo Andi Muhammad Amin, S.E., Ketua Tim Penggerak PKK Desa Waetuwo Andi Erlin Bau Amang, S.E., Wahyudi (Ketua Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Desa Waetuwo), dan Ratnawati (Direktur Bumdes "Budi Mandiri" Desa Waetuwo) tepatnya di Aruna Senggigi Resort and Convention.



Rapat Penganugerahan Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) ini dihadiri langsung oleh Menteri Desa PDTT RI Prof. Dr. A. Halim Iskandar, S.Pd.




Selain menerima Piagam Penghargaan dan Piagam Lencana Satya Desa Wisata, Kepala Desa Waetuwo juga menerima Lencana Satya Desa Wisata dan uang Rp50 juta.



Perjalanan Desa Waetuwo ke puncak Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 sangatlah fenomenal. Keberhasilan Desa Waetuwo ini ditopang oleh Kawasan Agrowisata Pertanian Terpadu Gelora Permata Hijau.



Di kawasan ini telah dibangun kolam renang dengan dana bantuan Kemendes PDTT RI tahun 2022 lalu melalui Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP), atau yang dikenal dengan sebutan Dana Aspirasi anggota DPR-RI H. Andi Iwan Darmawan Aras, S.E., M.Si. sebesar Rp400 juta yang kemudian dikembangkan dengan bangunan-bangunan pendukung lainnya.



Kawasan wisata ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa "Budi Mandiri" Waetuwo sebagaimana yang menjadi syarat untuk ikut berpartisipasi dalam lomba ini.


Dari beberapa sumber diperoleh keterangan bahwa Pendapatan Asli Desa (PADesa) Waetuwo melejit hingga ratusan juta rupiah per tahun dengan adanya kawasan wisata ini.



Desa Waetuwo merangkak tahap demi tahap pada ajang lomba ini mulai dari lolos 45 besar, 15 besar hingga akhirnya  menempati puncak sebagai jawara.


Terpantau di kanal YouTube Bupati Wajo juga menerima Piagam Penghargaan dari Menteri Desa PDTT RI Gus Halim atas dedikasi dan komitmen Bupati dalam pembangunan desa wisata.


Sumber Foto: Dinas PMD Kabupaten Wajo dan Pokdarwis Desa Waetuwo








Berita Lainnya

Tampilkan

  • Rengkuh Juara I Nasional, Waetuwo Kampiun Lomba Desa Wisata Nusantara 2023
  • 0

Terkini

test