Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Wajo: Perhitungan Suara Tembus Malam, Belum Ada Laporan Petugas TPS Kelelahan dan Sakit

Admin
Rabu, 14 Februari 2024 Last Updated 2024-02-14T13:59:43Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Hingga saat berita ini mulai digubah (Rabu, 14 Februari 2024 Pukul 21.13 Wita) belum ada laporan-laporan bahwa terdapat petugas TPS yang kelelahan dan sakit saat menjalankan tugas.


Media ini yang memantau beberapa TPS  di Kelurahan Siwa dan Kelurahan Bulete, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menyaksikan perhitungan suara belum selesai hingga pukul 21.00 Wita.



"Ada kemungkinan perhitungan suara di beberapa TPS berlangsung hingga dini hari," ujar Rustan, S.E., Ketua Panwaslu Kecamatan Pitumpanua saat ditemui di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Pitumpanua malam ini.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Dr. drg. Armin, M.A.R.S. mendaku sampai saat ini belum ada laporan petugas sakit karena kelelahan yang sampai padanya. Armin menjawab pesan WhatsApp kontributor Abdul Wahab Dai.



Hal yang sama dikemukakan oleh Kepala UPTD Puskesmas Keera Ruslan, S.Kep., Ns., M.Kes., Ketua Panwaslu Kecamatan Keera Pamelleri dan Ketua PPK Kecamatan Pitumpanua Sudirman, S.Pd.


Isu kesehatan KPPS menjadi perhatian utama pemerintah saat ini merujuk pada data pada Pemilu 2019 yang menunjukkan total ada 894 petugas KPPS yang meninggal dunia dan 5.175 petugas mengalami sakit (sumber: Kompas.com).



Ruslan menjelaskan bahwa tersedia nomor kontak petugas kesehatan di setiap TPS di Kecamatan Keera. "Kalau ada yang sakit atau kelelahan bisa menghubungi nomor tersebut atau langsung diantar ke Puskesmas dengan ambulans desa. Bisa juga dengan menghubungi Oto Dottoro untuk dijemput," terang Ruslan. Oto Dottoro adalah armada medis (medical vehicle) yang berpangkalan di Puskesmas Keera yang dilengkapi dengan peralatan medis.


Ruslan menyebut sasarannya bukan hanya petugas KPPS, PTPS, tapi juga saksi partai, masyarakat dan pemilih, pengamanan TPS dan petugas lainnya.



Kepala Puskemas Keera ini sebelumnya telah membentuk Tim Tenaga Kesehatan Pemilu 2024 yang bertugas di ambulans-ambulans desa, ambulans Puskesmas, dan Oto Dottoro.


Sebagian di antara mereka bertugas mengelilingi desa-desa dan kelurahan dengan Oto Dottoro dan ada yang bersiaga di Puskesmas menanti kalau-kalau ada rujukan.


Sebelumnya Puskesmas Keera memberikan penyuluhan kepada petugas agar tetap menjaga kondisi mereka misalnya dengan meminum vitamin, tidak terlambat makan dan minum, melakukan peregangan setiap dua jam dan menghindari minuman berenergi.


Sumber Foto: Abdul Wahab Dai dan Rustan






Berita Lainnya

Tampilkan

  • Wajo: Perhitungan Suara Tembus Malam, Belum Ada Laporan Petugas TPS Kelelahan dan Sakit
  • 0

Terkini

test