Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Ada 25 Desa Wisata di Wajo. Periksa Nama Desamu dalam Senarai Berikut

Admin
Rabu, 03 April 2024 Last Updated 2024-04-03T13:31:45Z


Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Di pengujung tahun 2023 telah ditetapkan 25 desa/kelurahan sebagai Desa Wisata merujuk pada Keputusan Bupati Wajo Nomor 750/XII/Tahun 2023 tentang Penetapan Desa Wisata Kabupaten Wajo bertarikh 29 Desember 2023 yang ditekeng oleh Bupati Wajo 2019-2024 Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.


Anjas Asmarah, S.S., M.A.P.,  Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif (Ahli Madya) pada Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Wajo dalam pesan WhatsApp kepada kontributor media ini (Selasa, 2 April 2024) memberikan data keduapuluh lima desa dan kelurahan tersebut yakni;



1. Desa Leppangeng (Belawa)

2. Desa Sappa (Belawa)

3. Desa Lempong (Bola)

4. Desa Pasir Putih (Bola)

5. Desa Awo (Keera)

6. Desa Ciromanie (Keera)

7. Desa Lompoloang (Pitumpanua)

8. Desa Tosora (Majauleng)

9. Desa Cinnongtabi (Majauleng)

10. Desa Abbanuangnge (Maniangpajo)

11. Desa Simpursia (Pammana)

12. Desa Taddangpali (Pammana)

13. Desa Makmur (Penrang)

14. Desa Buriko (Pitumpanua)

15. Kelurahan Siwa (Pitumpanua)

16. Desa Pasaka (Sabbangparu)

17. Desa Pallimae (Sabbangparu)

18. Desa Assorajang (Tanasitolo)

19. Desa Nepo (Tanasitolo)

20. Desa Pakkanna (Tanasitolo)

21. Desa Palippu (Tanasitolo)

22. Desa Tonralioue (Tanasitolo)

23. Desa Waetuwo (Tanasitolo)

24. Desa Wajoriaja (Tanasitolo)

25. Kelurahan Atakkae (Tempe)


Beberapa yang populer misalnya Desa Lempong dengan pemandangan alam, kolam renang, miniatur Ka'bah, miniatur Piramida, miniatur Menara Eiffel, dan miniatur Kincir Angin Belanda. Semua ini terdapat di kawasan wisata NBS Telaga Biru Lempong.



Di Desa Tosora terdapat wisata literasi (storynomic tourism) berupa sejarah situs, Masjid Tua, Geddongnge, Makam Raja-Raja Wajo, dan Langgara.


Ada wisata kuliner di Pasar Sentral Siwa (Kelurahan Siwa) yang digelar saban malam Minggu yang telah bertahan sekira 5 tahun. Pantai Bangsalae dan Pelabuhan Laut juga menjadi wahana memancing serta titik berfoto dan berswafoto.



Di Desa Pasaka kita dapat mengunjungi perkebunan murbei, proses pengembangbiakan ulat sutera, mewarnai benang, mengikat (mabbêbbêk) dan penenunan sutera.


Desa Assorajang, Desa Nepo, dan Desa Pakkanna yang berbatasan dengan danau purba Danau Tempe menjadikan pemandangan alam danau tempe dengan ikan-ikan endemiknya ini sebagai sarana pariwisata. Ada rumah terapung, gerbang masuk danau, gazebo, dermaga perahu, wisata kuliner,  dan perkampungan sutera.



Kelurahan Atakkae tersohor dengan Kawasan Wisata Atakkae yang memuat Saoraja La Tenribali, Rumah Adat tiap kecamatan, lokasi berkemah, sarana olahraga dan Danau Lampulung.


Sementara Desa Waetuwo kini populer dengan kawasan wisata Gelora Permata Hijau yang bahkan telah meraih Juara I Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023. Kompetisi ini adalah level nasional.



Sumber Foto: Koleksi Penulis, Pemdes Waetuwo, Anhar, Wahidin, 

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Ada 25 Desa Wisata di Wajo. Periksa Nama Desamu dalam Senarai Berikut
  • 0

Terkini

test