Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menyemai Ulama dan Pemimpin Masa Depan di Ponpes Darul Mukhlisin As'adiyah Simpellu

Admin
Jumat, 26 April 2024 Last Updated 2024-04-26T14:47:03Z

Abdul Wahab Dai

Kontributor


WAJO-Menyelenggarakan pembelajaran perdana pada Tahun Pelajaran 2022/2023, Pondok Pesantren Darul Mukhlisin As'adiyah Simpellu, di Dusun Simpellu, Desa Simpellu, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ponpes ini telah berkembang hingga pengujung Tahun Pelajaran 2023/2024.


Kini ponpes yang bernaung di bawah Yayasan Ikhlasul Muqarrabin Simpellu ini menatap Tahun Pelajaran 2024/2025 tidak lama lagi.



Ponpes ini menyelenggarakan tiga tingkatan pendidikan yakni MA As'adiyah No.33 Simpellu, MTs As'adiyah No.72 Simpellu, dan, MI As'adiyah 350 Simpellu.



Agustan, S.Pd., Sekretaris Yayasan Ikhlasul Muqarrabin Simpellu memberitahu media ini Jumat, 25 April.2024 bahwa program utama Ponpes adalah Tahfidz Al-Quran pada semua tingkatan, Akhlak, dan Keterampilan Dakwah.



"Ramadan tahun ini ada belasan santri yang didapuk membawakan ceramah di beberapa masjid sekitar Desa dan desa tetangga," jelas Agustan.


Di level MA jurusan yang tersedia adalah Jurusan IPA sehingga alumni memiliki peluang untuk melanjutkan kuliah di fakultas-fakultas eksakta di perguruan tinggi seperti Teknik, Kedokteran, Farmasi, d.s.b., apalagi saat ini ada kampus yang melakukan seleksi mahasiswa baru dengan mensyaratkan hafalan Al-Quran. 



Ponpes Darul Mukhlisin dibangun di atas lahan sekira 2 hektar di belakang Kantor Desa Simpellu. Lahan tersebut pada awalnya adalah tanah kas desa dan dihibahkan ke Yayasan setelah melalui musyawarah desa. Memang di desa ini sebelum beroperasinya ponpes ini hanya terdapat sebuah PAUD sebagai sarana pendidikan.


Agustan memiliki keyakinan kuat bahwa suatu saat di masa depan ponpes ini kian maju dan besar. Saat ini ruang kelas yang digunakan merupakan sumbangsih masyarakat yang memang ingin melihat pendidikan di desanya maju dan berkembang. Saat ini bangunan masih berupa kayu papan. "Dulu ini dikerjakan oleh tukang-tukang dari masyarakat desa," cerita Agustan.



Ponpes ini juga menyediakan ekstrakurikuler Pramuka, PMR, dan Sanggar Seni Simpellu. Pada tahun kedua ini terdapat 50-an santri MA, 90-an santri MTs, Dan 40-an santri MI.


"Ponpes ini sedang menyemai ulama-ulama dan pemimpin-pemimpin masa depan dan insyaallah harapan dan cita-cita kami ini diberkahi oleh Allah," kata Agustan yang juga alumnus As'adiyah ini.



Di ponpes ini juga terdapat perumahan guru. Adapun Ketua Yayasan adalah Drs. Andi Jollo Hafid, Sekretaris Yayasan Agustan, S.Pd., dan Pimpinan Pondok Pesantran adalah Dra. Andi Nur Alam Hafid.




Sumber Foto: Agustan dan akun Facebook Ponpes As'adiyah Simpellu







Berita Lainnya

Tampilkan

  • Menyemai Ulama dan Pemimpin Masa Depan di Ponpes Darul Mukhlisin As'adiyah Simpellu
  • 0

Terkini

test