Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Amran Mahmud Jadi Narasumber pada Seminar HMI

Admin
Selasa, 28 Desember 2021 Last Updated 2021-12-29T07:55:21Z

Karebacelebes.com

Foto oleh staf Humas Pemda wajo


Bupati Wajo, Amran Mahmud kembali memaparkan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Wajo. Menurutnya, banyak potensi yang ada di Kabupaten Wajo, tidak dimiliki oleh daerah lain.


"Kita punya pesisir pantai yang panjang 103 km. Kita juga punya danau tempe dan masih banyak potensi lainnya," ucapnya.

Foto oleh staf Humas Pemda wajo


Hal tersebut disampaikan oleh Amran Mahmud saat memberikan materi pada seminar PB HMI Komisi Pemuda dan Kemahasiswaan di Kelurahan Minangae, Rabu (29/12/2021).


Selain Amran Mahmud, Kegiatan yang bertema "HMI Mengabdi, Berdayakan Masyarakat, Indonesia Bangkit" ini turut menghadirkan narasumber Anggota DPD RI, Tamsil Linrung, Guru Besar Unhas Makassar, Prof. Muh. Yusri Karim dan Wasekjend Pemuda dan Mahasiswa PB HMI, Ukhy Sukirman.

Foto oleh staf Humas Pemda wajo


Amran Mahmud yang membawakan materi berjudul "Peran & Strategi Pemerintah Daerah Membangkitkan Ekonomi  Masyarakat Pesisir" melanjutkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pesisir diantaranya adalah rendahnya kualitas SDM dan belum tersedianya sarana produksi dan pengolahan hasil perikanan.


Juga masih minimnya inovasi untuk pengembangan produk serta masih dibutuhkan modal bagi nelayan kita sebagai dukungan untuk berusaha.

Foto oleh staf Humas Pemda wajo


"Oleh karena itu kita sudah minta kepada Kepala Dinas Perikanan untuk terus aktif memberikan pelatihan-pelatihan khususnya masyarakat pesisir. Juga kita sudah ajukan permohonan bantuan  baik ke Pemerintah Pusat maupun pemerintah provinsi untuk dukungan Kawasan Ekonomi Khusus Industri, salah satunya industri pengolahan hasil perikanan," ucapnya.


Juga untuk dukungan permodalan, kita aktif komunikasikan dengan pihak perbankan untuk pemberian bantuan modal usaha dengan bunga rendah, termasuk memaksimalkan pemanfaatan dana CSR.


"Apalagi saat ini hadir salah seorang anggota DPD kita, Bapak Tamsil Linrung, ini kesempatan yang baik bagi kita untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan kita untum diaspirasikan di pusat," ucapnya.


Amran Mahmud pun menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPD RI, Tamsil Linrung atas segala bantuannya untuk Wajo Selama ini.


"Kita tetap berharap agar bantuan yang ada terus dilanjutkan. Dan permohonan bantuan yang kita ajukan ke pusat agar dibantu komunikasikan, aspirasikan dan kawal di tingkat pusat," harapnya.


Sementara Anggota DPD RI, Tamsil Linrung menyampaikan bahwa pemberdayaan masyarakat pesisir ini penting. Mengingat Kabupaten Wajo ini memiliki pesisir pantai yang cukup panjang. 


Bicara soal pemberdayaan ini menjadi penting mengingat tingkat kemiskinan kita masih cukup tinggi. Diharapkan melalu pemberdayaan itu bisa lebih meningkatkan taraf hidup masyarakat.


"Kepada para pemuda generasi Z, generasi milenial seperti HMI inilah yang diharapkan mampu berperan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Saya yakin masyarakat akan ikut berpartisipasi jika adik-adik semua bisa menawarkan konsep yang betul-betul bisa memberdayakan mereka, agar bisa bekerja dan berpenghasilan," ucapnya.


"Kita berharap dengan potensi yang ada di Wajo ini, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Wajo tanpa harus mengimpor dari luar," tambahnya.


Wasekjend Pemuda dan Olahraga PB HMI, Ukhy Sukirman menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungannya sehingga  kegiatan seminar tersebut terlaksana dengan baik. 


"Kita ingin mengambil peran dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir guna mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat," ucapnya.


Turut hadir pada kegiatann tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Agustan Ranreng, Kepala Dinas Perikanan, Nasfari, Camat Sajoanging serta pimpinan instansi, Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Sajoanging, Ketua HMI MPO Cabang Wajo bersama anggota, para panitia, masyarakat serta undangan lainnya.


Diketahui, setelah pelaksanaan seminar, Anggota DPD RI, Tamsil Linrung didampingi Bupati Wajo, Amran Mahmud memantau pelaksanaan vaksinasi massal di kawasan wisata telaga biru, Desa Lempong, Kecamatan Bola. ( Red)

Editor : Gus Mus


Komentar

Tampilkan

  • Amran Mahmud Jadi Narasumber pada Seminar HMI
  • 0

Terkini