Notification

×
© Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sistem Informasi Portal Desa Mulai Disosialisasikan di Kabupaten Wajo

Admin
Selasa, 16 November 2021 Last Updated 2021-11-17T00:13:38Z

Karebacelebes.com




WAJO- Wakil Bupati Wajo, H. Amran, SE., membuka sosialisasi Sistem Informasi Portal Desa  (SIPOD) yang diselenggarakan oleh Sulapa 4 Studio di ruang pola kantor bupati, Selasa (16/11/2021)


Di sosialisasi yang dihadiri CEO Sulapa4 Studio, Kasmiah Ali, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Wajo, Dwi Apriyanto, para camat, dan kepala desa se-Kabupaten Wajo, serta peserta sosialisasi, Amran menekankan pentingnya penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik.



Menurutnya, penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik, tidak saja hanya diterapkan pada pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Akan tetapi telah bergerak ke arah pemerintah desa. 


"Kita semua saat ini dituntut untuk segera memahami dan mengantisipasi fenomena digitalisasi dalam setiap ruang gerak penyelenggaraan pemerintahan. Selain pada sisi percepatan penyelenggaraan pemerintahan digitalisasi juga diharapkan akan menggerakkan perekonomian dan pembangunan masyarakat desa,"ucapnya. 



Amran mengurai, Sistem Informasi Desa (SID) merupakan bagian dari desa digital yang dikembangkan oleh pemerintah daerah yang meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan serta sumber daya manusia. 


Olehnya itu lanjut Amran, bermunculanlah berbagai aplikasi sistem informasi desa yang dikembangkan baik oleh pemerintah daerah maupun perorangan atau badan yang berkecimpung dengan aplikasi, dengan beragam model.


"Berbagai  macam aplikasi tersebut adalah alat untuk memangkas proses kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara manual. Diharapkan dengan adanya aplikasi yang berbasis sistem informasi dan teknologi maka pekerjaan akan menjadi lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, secara cepat, mudah dan murah,"harapnya.



Meski demikian, sebagus apapun aplikasi jika yang mengoperasikan tidak punya kompetensi memadai, maka tidak akan maksimal. Karena itu dituntut, pentingnya meningkatkan kompetensi. 


"Oleh karena itu melalui pelatihan ini diharapkan merubah mindset kita menuju pola modern dan digital. Hari ini, kita akan diperkenalkan mengenai  sistem informasi portal desa oleh CEO Sulapa4 Studio," ucapnya


Amran juga meminta kepada Camat dan Kepala Desa agar memenuhi jika ada undangan yang diberikan. Setidaknya diwakili oleh urusan atau bidang yang sesuai.


"Selamat mengikuti pelatihan ini. Mari kita jadikan momentum yang berharga ini sebagai ajang untuk memperoleh informasi, sebagai wahana menambah wawasan ilmu pengetahuan terkait desa digital,"tutupnya. (Red/adv)

Editor : Gus Mus

Berita Lainnya

Tampilkan

  • Sistem Informasi Portal Desa Mulai Disosialisasikan di Kabupaten Wajo
  • 0

Terkini

test